GMHP Serentak Nasional Digelar – infotanahlaut.com
POLITIK

GMHP Serentak Nasional Digelar

INFOTANAHLAUT.COM-Besok Rabu (17/10/2018) Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak nasional melaksanakan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Untuk Di Kabupaten Tanah Laut sendiri pelaksanaan GMHP di lakukan di Desa Benua Tengah tepatnya di Bukit Sanghiyang Kecamatan Takisung. Terhadap program GMHP sendiri KPU Tala melakukan sosialisasi melalui media radio milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tuntung Pandang FM di kawasan kantor bupati Tala,Selasa (16/10/2018).
Dalam sosialisasi yang di sampaikan anggota KPU, terhadap Dafta Pemilih Tetap (DPT) yang sudah di sahkan tanggal 5 September 2018 lalu, memang ada beberapa pemilih ganda, ada juga potensi pemilih belum terdaftar. KPU di batasi waktunya 60 hari untuk melakukan pencermatan pasca pengesahan DPT. Di semua PPS dan PPK kini di buka posko untuk warga yang mungkin belum terdaftar. Namun jangan khawatir, di 11 kecamatan KPU sudah siapkan posko dan di 135 desa, tinggal partisipasi masyarakat untuk mendaftar, warga yang belum terdaftar bisa datang ke kantor desa, kecamatan, atau datang ke KPU langsung, atau bisa menghubungi PPS di desa.
DPT untuk Kabupaten Tanah Laut sendiri sebanyak 130.119. Namun KPU sampai pada tanggal 28 Oktober 2018 ini melakukan verifikasi, dan kemungkinan DPT akan bertambah, sehingga imbasnya bisa bertambah pula Tempat Pemungutan Suara (TPS). TPS yang telah di tetapkan di Kabupaten Tanah Laut sebanyak 1.033 buah sesuai DPT. GMHP sendiri adalah mengakomodir warga yang belum terdaftr sampai tanggal 28 Okrober 2018.
GMHP di sisi lain juga memetakan masyarakat untuk memilih termasuk terhadap pemilih pemula yang usianya sudah 17 tahun pada tanggal 7 April 2019. GMHP baru tahun ini dilakukan, mengakomodir adanya kegandaan pemilih, sekian ribu masyarakat yang belumn terdaftar, maka di akomodirlah lewat GMHP.
KPU juga menemukan ada yang sudah menikah tapi belum punya Kartu Keluarga (KK) dimana data keluarga masih bergabung dengan keluarga asal yang seharusnya di buat KK baru ketika sudah menikah.
Dalam sosialisasi lewat radio terebut oleh KPU juga menghimbau ke parpol untuk memastikan konstituennya yang belum terdaftar agar segera mengajak warga mendaftarkan dirinya.
Sebelumnya, Ketua KPU Tanah Laut Arief Mukhyar,Senin (15/10/2018) mengatakan, dalam GMHP merupakan kegiatan ceremonial biasa dan di rencanakan di buka bupati Tala H.Sukamta.
Arief menambahkan, kepada siswa-siswa juga sekaligus dilakukan verifikasi apakah siswa atau biasa di sebut pemilih pemula sudah terdaftar khususnya pada nanti bulan April 2019 sebagai pemilih pemula, termasuk pula masyarakat yang belum terdaftar pun maka di daftarkan.
KPU dalam bagian memperbaiki daftar pemilih sudah dilakukan, kemudian mengajak masyarakat untuk aktif, pengecekan dan pencermatan bersama. Masyarakat yang belum mendaftar agar mendaftar. Jikalau ada yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seperti pindah atau meninggal dunia maka hal tersebut harus di hapus dari daftar pemilih supaya tidak terjadi yang namanya penggelembungan surat suara pada saat pelaksanaan Pemilu berlangsung, sehingga benar-benar falid datanya.
Diakui, kata Arief pula data dari KPU dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Laut terjadi selisih 600-an. Hal itu di karenakan tidak ada adanya pendataan ulang, sementara hal itu sangatlah penting dalam rangka falidnya data pemilih.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook