PEMKAB TALA

Grand Design Book Untuk Acuan SKPD

INFOTANAHLAUT.COM-Dalam pengembangan sebuah kota tentulah harus memiliki desain yang terukur dan tertata,sehingga arah pengembangan dan pembangunan kota tidak terkesan asal di bangun.
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanah Laut,di tahun 2020 mendatang telah merancang-rancang bagaimana pengembangan kota Pelaihari terlihat tertata dan terukur serta tidak asal-asalan.
“Ya benar,terhadap pengembangan kota Pelaihari di tahun 2020 akan di tuangkan dalam bentuk buku Grand Design Book atau buku panduan untuk nantinya buku itu menjadi acuan bagi SPKD-SKPD ketika ingin membuat rancang bangun di wilayah perkotaan,”kata Andreas Evony kepala Bappeda Tala,Selasa (10/12) di ruang kerjanya.
ia menambahkan,akan ada dokumen,dan dokumen di regulasikan minimal lewat Peraturan Bupati (Perbup) untuk nantinya di jadikan Peraturan Daerah (Perda),dan buku grand desain sebagai acuan untuk pengembangan kota Pelaihari dalam jangka waktu 10 sampai 20 tahun.
Buku grand desain yang di terbitkan Bappeda sebagai rujukan SKPD.
Bappeda tentulah telah mengkaji tentang kondisi terkini kota Pelaihari apa yang bisa di kembangkan,contoh RTH dimana, draninase,pusat pendidikan,termasuk adanya terminal taksi yang baru.
Andreas mengatakan,sesuai dengan amanat dari bupati Tala H.Sukamta keluar dari zona nyaman,zona yang biasa-biasa saja, untuk membangun sesuatu yang baru. Dan membangun sesuatu yang baru itu selalu dengan membangun sesuatu yang baru pula, bukan seperti itu,namun menelaah dari yang sudah ada,baik itu sistemnya,pelayanannya.
Contoh sederhana,secara konvensional ketika ada pemasangan lampu penerangan jalan,di pasang tiangnya dan lampunya selesai,akan tetapi bagaimana di sesuaikan dengan estetika daerah atau di buat menarik tidak semata hanya fungsi penerangan jalan.
Seiring dengan pemindahan ibukota negara ke provinsi Kaltim,maka Kabupaten Tanah Laut sebagai salah satu daerah penopang, maka di butuhkan kesiapan daerah ini baik dari segi agro dan pertanian. Adanya ibukota negara maka kebutuhan akan beras juga meningkat,infrastruktur meningkat yang otomatis kebutuhan SDM juga meningkat.
Sebagai daerah pesisir,Kabupaten Tanah Laut terus membangun di segala sektor dan belum lama tadi di peringati hari jadi Tala yang ke 54.Tung

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook