PUBLIK

Guru MTsN Jalani Tes Urine Plus Sosialisasi Narkoba

INFOTANAHLAUT.COM-Di motori oleh Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Tanah Laut, Rabu (21/11/2018) melaksanakan tes urine kepada seluruh guru-guru di MTsN Negeri 2 Pelaihari, baik guru yang ASN maupun guru honor. Tercatat ada sebanyak 65 guru yang mengikuti tes urine tersebut.
Pelaksanaan tes urine sendiri tidak harus menghentikan kegiatan belajar di sekolah tersebut, karena secara bergiliran guru-guru mengikuti tes urine. Dari hasil tes urine kepada guru MTsN Negeri 2 Pelaihari di nyatakan negatif.
Selesai pelaksanaan tes urine, selanjutnya di adakan dialog tentang narkoba kepada para guru-guru MTsN Negeri 2 Pelaihari. Dalam dialog juga di hadiri kepala Kemenag Tala H.Rusdi Hilmi.
Kepala Kemenag Tala Rusdi Hilmi menyambut baik atas apa yang dilakukan BNNK Tala, dimana Satker di bawah Kemenag Tala baik Madrasah Negeri maupun swasta sebanyak 13 buah siap untuk dilakukan tes urine dewan gurunya. Hal ini sebagai tindak lanjut dari surat Kemenag RI, agar di jajaran Kemenag se Indonesia tidak ada terlibat narkoba.
Sementara itu ketua BNNK Tala Firman kepada dewan guru MTsN mengutarakan tentang narkoba secara global. Indonesia sedang darurat narkoba, maka harus di tindak lanjuti sampai ketingkat daerah untuk pencegahannya.
“Ada 800 jenis narkoba di dunia, di Indonesi baru ada 85 jenis,”terang Firman.
Firman mencotohkan, saat ini seperti rokok eletronik sudah mulai beredar ganja dan narkoba cair. Kepada guru-guru di minta untuk meniingkatkan pengawasan kepada siswa, BNNK siap melakukan rehabilitasi bagi mereka-mereka yang kecanduan narkoba.
Dlam dialog, Amirudin guru pengajar al quran hadis menanyakan, bahwa sekarang narkoba masuk dalam berbagai cara salah satunya masuk pada minuman atau permen, maka untuk mengetahui barang-barang tersebut harus benar-benar di ketahui pula. Perlu juga untuk mengetahui gejala awal pada anak yang kecaduan atau tidak sebelum di serahkan ke BNNK. Bagaimana cara tanggulangi, paling tidak tahu dulu bentuk dan jenis-jenis narkoba.
“Berharap BBNK bisa bawa sampel, seperti apa narkoba umpamanya sabu itu, termasuk 85 jenis narkoba yang ada di Indonesia,”kata Amirudin.
Firman menjelaskan, Awalnya bagi anak merasa senang, akan tetapi tiba-tiba murung, mulai ketergantungan dengan sesuatu, dan berlaku negatif, maka itu patut di curigai ada gejala mulai kenal dengan narkoba. Kecenderungan di Tala menggunakan Zenit, namun sekarang zenith sudah tidak di temukan lagi, karena sekarang zenith masuk jenis narkotika golongan 1.
Di maianan anak-anak juga sekarang mulai di susupi narkoba. Ada yang mengeluarkan aroma yang nyaman kepada anak-anak.
BNNK juga secara kontinyu melakukan tes urine ke sejumlah lembaga lain yakni KPPN, BPS, BPN, dan kedepan ke KPU dan Bawaslu Tala.
Sementara bagi MTsN Negeri 2 Pelaihari dalam mengantisipasi narkoba di kalangan siswa, khususnya dalam perayaan akhir tahun 2018, kegiatan tersendiri dari sekolah ke siswa, sekolah memfasilitasi kepada siswa melaui wali kelas masing-masing dengan kegiatan studi tour yang sifatnya ziarah, atau ke tempat bersejarah, museum, dan semua di kondisikan di semua kelas.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook