SALAM REDAKSI

Guruku, Jangan Takut Dikritik Dan Jangan Kirim Surat Kaleng

INFOTANAHLAUT.COM-Selamat hari guru nasional tahun 2018, jadikan momentum hari guru sebagai momen pembenahan, evaluasi dan lain sebagainya yang bersifat untuk perbaikan. Sosok guru, di manapun ia berada di belahan bumi ini di yakini telah mampu mencetak generasi terpelajar, yang dulunya tidak tahu apa-apa, karena generasi muda itulah yang pada akhirnya memainkan peran dalam roda pembangunan sebuah bangsa, provinsi atau kabupaten.
Guru pahlawan tanpa tanda jasa, itulah seorang pejuang untuk mencerdaskan anak bangsa. Ilmu yang di miliki oleh sang guru dan di tularkan kepada anak-anak didiknya, semua pasti berharap bahwa generasi selanjutnya adalah generasi yang berkualitas dan mungkin bisa lebih pintar dari gurunya dahulu seiring dengan perkembangan jaman.
Namun, ada saja di temukan oknum guru yang sedari awal malah bertolak belakang dengan keadaanya sekarang, yakni guru yang anti dengan “kritikan”.
Hanya segelintir oknum guru yang mungkin enggan di kritik, maunya bagus terus tanpa ia sadari apa yang dilakukan masih ada kekurangan. Kritikan ke guru pun tidak jauh dari lingkungan kerjanya guru.
Bagi oknum guru saat sebuah kritikan tajam tertuju padanya, jauh bukannya menjadi bahan koreksi, evaluasi sukur-sukur berterima kasih, namun malah mengirimkan surat kaleng.
Miris dan sedih, dalam isi surat kaleng seolah merasa benar apa yang sudah dilakukan oknum guru tersebut, sementara mata lain menilai jauh masih kurang dan mungkin fatal akan kinerja oknum guru tersebut. Kritikan pun sifatnya hanya memberikan masukan terhadap hal yang mungkin masih kurang atau bahkan meninggalkan hal-hal lainnya. Fatalnya, dalam surat kaleng sang oknum guru malah terkesan nada ancaman..wow.
Sudahlah…sadarilah, kritikan orang lain terhadap dunia pendidikan utamanya kepada personal pendidiknya harus di terima dengan legowo, jadikan sebagai bahan perbaikan, agar kelak anak didik dapat menjadi anak bangsa yang memang benar-benar memiliki kualitas lantaran didikan sang guru yang penuh dengan iklas dan sabar.
Kritikan jangan dianggap musuh, tapi jadikan itu sebuah cermin yang besar, yang bisa melihat secara utuh badan kita. Kepada dinas terkait berharap lakukan perbaikan di dunia pendidikan, sejahterakan para pendidik, dan jangan kotori dunia pendidikan dengan kepentingan pribadi dan segolongan. Barangkali ini hanya secuil dari sejibun persoalan di dunia pendidikan, semoga cerahnya dunia pendidikan di Kabupaten Tanah Laut layaknya benar-benar “Habis Gelap Terbitlah Terang”.
Selamat hari guru nasional, tanpamu anak bangsa ini tidak akan bisa membangun dan membesarkan bangsa ini, karena kau lah guru, anak-anak bangsa ini telah banyak menorehkan tinta emas bagi bangsa tercinta ini di mata internasional.

*Salam Readaksi*

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.