PERISTIWA

Hadapi Bencana, Stake Holder Siaga

INFOTANAHLAUT.COM-Dalam rangka untuk menghadapi adanya ancaman bencana alam, bail itu banjir,angin puting beliung maupun tanah longsor di Kabupaten Tanah Laut,Rabu (21/1) di gelar apel Kesiap Siagaan Bencana.
Apel di pimpin bupati Tala H.Sukamta dan hadiri 600 orang terdiri dari Kodim 1009 Pelaihari,Kompi 623,Polres Tanah Laut,Satpol PP dan Damkar Tanah Laut,BPBD Tanah Laut,Dinas Kesehatan,Dinas Perhubungan,Dinas Sosial/Tagana, Senkom,Politeknik,Camat,Kepala Desa, PMI,Pelajar,Orari,Rapi dan Relawan Tanah Laut.
Sukamta menyampaikan kepada setiap unsur untuk selalu waspada dalam penanggulangan bencana,khususnya pada musim penghujan saat ini.
“Apel kesiapsiagaan ini berharap semua pihak dari unsur pemerintah,relawan,dan masyarakat bisa saling berkomitmen dalam kesiapan serta bahu membahu dalam mencegah bencana maupun menanggulangi bencana apabila terjadi,”kata Sukamta.
Usai penyematan kepada utusan stake holder,di lanjutkan dengan pemeriksaan pasukan peserta apel.
Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerrlah (BPBD) Tala M.Kusri dalam keterangan persnya mengatakan,tujuan apel untuk memantapkan dan mensiapsiagakan personil dan sarana prasarana dari stake holder terkait untuk membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Tanah Laut.
“Sekaligus untuk menggugah kesadaran dan meningkatkan kewaspadaan kesiapsiagaan seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah,lembaga maupun masyarakat,”ucapnya.
Sementara tema apel Kesiapsiagaan dan Gelar Pasukan yakni SIGAP & PEKA TERHADAP BENCANA.
Hal ini sesuai amanah UU nomor 29 Tahun 2007 yaitu prinsip penanggulangan bencana cepat dan tepat,meminimalisir korban dan kehilangan harta benda,prioritas utamakan penyelamatan manusia kemudian harta benda.
Dalam apel juga di perlihatkan sejumlah sarana penanganan korban bencana salah satunya perahu karet,speed boat dari Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Tala dan peralatan lainnya yang menunjang.
“Setelah apel ini,BPBD langsung membuka beberapa posko satgas bencana alam di beberapa kecamatan khususnya di lokasi yang rawan bencana. Selain dari kinerja petugas maupun relawan,berharap juga untuk masyarakat agar selalu waspada apabila hujan deras,dan selalu komunikasikan kepada pihak berwajib apabila menemukan hal yang berpotensi bencana baik itu banjir maupun angin puting beliung,”tutup Kusri.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook