PEMKAB TALA

Hajatan 52 Desa Sedot Dana 3,1 Miliar Rupiah

INFOTANAHLAUT.COM-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2019 di Kabupaten Tanah Laut, di ancar-ancar anggaran yang bakal terserap dari APBD Tanah Laut sebesar Rp 3,1 milliar rupiah.
Kabid Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan Agus Setyo,S.STP,MM pada Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tala, Senin (15/7/2019) mengungkapkan, tahapan sekarang sudah kumpulkan kades dan Badan Perwakilan Desa (BPD) yang akan Pillkades.
Ia menjelaskan, tahun ini ada 52 desa yang bakal melaksankan Pilkades,dan saat sekarang masih membentuk panitia pemilihan di desa. Penetapan waktu Pilkades memang belum, karena setelah panitia desa terbentuk.
Ada perbedaan dengan tahun sebelumnya, dimana yang menentukan penetapan jadwal dengan keputusan bupati, tahun ini di tetapkan panitia pemilihan kabupaten sebagai tahapan jadwal. Estimasi pelaksanaan Pilkades pada bulan November 2019.
Agus menjelaskan, dalam Perda nomor 7 tahun 2019 tentang Pilkades diakomodir atau dinadopsi dari dari pelaksanaan Pemilu, baik menyangkut simetris pencoblosan.
Sementara Anggaran Pilkades masih di APBD KabupatennTanah Laut melalui DPA DPMD tahun 2019, dan kedepannya diarahkan ke APB Des.
Di tingkat kabupaten dan desa masih proses pembentukan panitia Pilkades. Dalam Perda tidak menganut pidana pilkades, dalam artian kalau hasil Pilkades ada perselisihan, maka bupati yang menyelesaikan dalam 30 hari. Bagi calon kades sendiri tidak di batasi warga mana. Mau jadi calon sepanjang punya KTP atau WNI.
Beda dengan dulu calon 1 tahun berdomisili di desanya. Untuk calon lebih dari 5 orang, maka ada seleksi tambahan. Penetapan jumlah calon juga tertuang dalam Perda sebagai penjabaran UU, Permen dan PP.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook