PUBLIK

Hanya Diperbolehkan Bawa KTP

INFOTANAHLAUT.COM-Yang namanya Hp, jam tangan, apalagi tas tidak di perkenankan di bawa masuk ke dalam ruang Computer Asses Test (CAT) yang ada di kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Tala. Itulah peraturan yang di keluarkan panitia tes CAT kepada bakal calon kepala desa yang menjalani tes CAT, utamanya bagi desa yang bakal calonnya lebih dari 5 orang.
Setelah para bakal calon kades ini duduk manis dan menghadapi komputer, sebelum melakukan tes, baik peci yang di pakai termasuk kacamata dari bakal calon kades pun kembali di periksa panitia. Para bakal calon kades yang mengikuti tes CAT hanya di perbolehkan membawa KTP, karena ada pengisian pada komputer menyangkut NIK pada masing-masing KTP.
Para bakal calon kades ini pun di wajibkan mengenakan pakaian kemeja warna putih dan bawahan warna hitam.
Tahapan tes CAT di awasi oleh panitia dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tala, panitia pemilihan desa, berikut para camat yang di desanya melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).
Prosesi tes CAT juga mendapat pengamanan pula dari beberapa personil Sat Pol PP dan Damkar, dan dari pihak Polres Tala.
Kepala DPMD Tala Gatot Subagio di sela-sela pelaksanaan tes CAT mengungkapkan, ada 13 desa pada 6 kecamatan yang melaksanakan tahapan seleksi melalui CAT, dan total bakal calon kades yang mengikuti seleksi tambahan ada 100 orang. Mekanisme melalui CAT ini hasilnya bisa langsung di lihat pada layar monitor, semua tidak dilakukan secara manual, namun semua melalui sistem komputer.
Dalam penjaringan bakal calon kepala desa, pada Desa Muara Kintap di Kecamatan Kintap dan Desa Swarangan di Kecamatan Jorong paling banyak calonnya yakni 11 orang. Sementara bakal calon yanhlg sedikit pada Desa Galam Kecamatan Bajuin, Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari dan Desa Kurau Kecamatan Kurau hanya ada 6 orang bakal calon.
Lebih lanjut Gatot menyebutkan, setelah tahapan ini maka oleh panitia pemilihan di tingkat desa dilakukan penetapan calon pada tanggal 9 Oktober 2019.
Sementara itu salah seorang bakal calon kades Muhammad Samblani dari Desa Swarangan di Kecamatan Jorong dalam komentarnya mengatakan, bersama 10 orang bakal calon lainnya siap berkompetisi, namun jika nanti terpilih berupaya dengan segala kemampuan membangun desa bersama masyarakat agar desa lebih maju lagi, singkatnya.
Dalam Pilkades dari data DPMD ada sebanyak 295 orang bakal calon se Kabupaten Tanah Laut, namun 100 orang yang harus mengikuti tahapan tes CAT. Pilkades serentak sendiri akan dilakukan pada tanggal 11 Desember 2019. Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook