PERISTIWA

Hanya Sampan Sarana Menuju Titik Api

INFOTANAHLAUT.COM- Ancaman kebakaran lahan Gambut yang di tumbuhi tanaman Bondong khususnya di Kecamatan Bati-Bati masih saja terjadi, kendati dalam beberapa pekan kemarin hujan sempat turun, namun belum membuat aman lahan-lahan Gambut yang di tumbuhi tanaman Bondong tersebut. Rabu (12/09/2018) sekitar pukul 16.15 wita api membakar lahan di maksud dan api dapat di padamkan sekitar pukul 18.00 wita oleh tim gabungan.
Kapolsek Bati-Bati Iptu Matnur,SH,MH di konfirmasi mengatakan, lahan Bondong atau semak belukar yang terbakar berada di Murung Desa Benua Raya Rt.02 Rw 1 Kecamatan Bati-Bati dan titik api tidak bisa di tempuh armada pemadam kebakaran apalagi sepeda motor roda dua, namun adanya kanal di sepanjang lahan Bondong sehingga sarana Jukung (Sampan) milik warga setempat menjadi satu-satunya alat transportasi yang bisa di gunakan untuk membawa mesin pompa air (Alkon) berikut selangnya.
“Diperkirakan lahan kosong atau semak belukar yang terbakar seluas kurang lebih 1,5 hektar,”kata Kapolsek Bati-Bati.
Ia menambahkan, kebakaran di perkirakan dari faktor alam, dan tim yang terlibat dalam pemadaman api setelah dilakukan koordinasi terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut, Manggala Agni Kabupaten Tanah Laut. Selain menggunakan mesin pompa air pemadaman api juga menggunakan semprotan Solo (Gendong) milik Polsek Bati-Bati, di tambah mesin pompa air milik warga setempat.
Upaya pemadaman api bersama tim untuk melokalisir kobaran api dengan penyemprotan agar api tidak melebar. Api pun dapat di padamkan dan menyisakan asap tipis.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
100%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook