PUBLIK

Harga Komoditi Tertentu Yang Naik Dibawa Kerakor TPID

INFOTANAHLAUT.COM-Menjelang bulan ramadan sebagai bulan suci bagi umat islam untuk menjalankan ibadah puasa, Bupati Tala H.Sukamat bersama beberapa jajaran SKPD terkait,Senin (29/4/2019) turun ke pasar Tapandang Pelaihari.
Turunya bupati Tala ke pasar untuk cros cek terhadap sejumlah harga kebutuhan pokok. Dalam peninjauan tersebut bupati Tala pun menemui ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan seperti, gula pasir, telur ayam, daging ayam, bawang putih.
Dari data yang di peroleh langsung dari para pedagang, kenaikan harga yang terjadi di antaranya, gula pasir yang sebelumnya Rp 12.000 perkilogram sekarang naik menjadi Rp 13.000 perkilogram, begitu juga dengan harga ayam yang sebelumnya berkisar antara Rp 19.000 sampai Rp 20.000 perkilogram sekarang naik menjadi Rp 24.000 sampai Rp 24.500 perkilogramnya. Sementara itu untuk beberapa komoditi seperti sayuran masih dalam harga normal dan tidak ada mengalami kenaikan, bahkan harga cabai jenis Japlak justru mengalami penurunan, yang sekarang harganya hanya Rp 15.000 perkilogram dari sebelumnya Rp 17.000.
Pada harga daging sapi juga cenderung stabil di angka Rp 120.000 perkilogram, dimana menurut pengakuan para pedagang harga daging sapi memang setiap menjelang bulan ramadhan cenderung stabil dan hanya akan mengalami kenaikan ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri.
Menurut salah satu pedagang daging ayam Raudah, saat ini harga ayam cenderung mengalami kenaikan yang cukup tajam yaitu sekitar Rp 4.000 sampai Rp 4.500.
Ia menambahkan kenaikan menjelang bulan ramadan merupakan sebuah hal yang rutin setiap tahunnya, biasanya memang naik kalau mau puasaan, itu dari kandang naiknya, nanti pas pertengahan bulan puasa turun lagi, terakhir nanti pas hari raya naik lagi harganya,”ucap Raudah.
Raudah pun mengatakan lagi, kenaikan harga daging ayam juga mempengaruhi penjualan, lantaran daya beli masyarakat terhadap daging ayam sekarang berkurang akibat kenaikan harga tersebut.
Dalam kunjungan ke pasar, bupati Tala mengatakan akan melakukan rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan akan mengkoordinasikan terkait kenaikan harga komoditi tersebut kepada pihak Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel.
“Nanti akan kita rapatkan dengan TPID untuk mengatasi inflasi yang ada,”tutup bupati Tala.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook