KESEHATAN

Hidup Sendirian, RC 113 Bawa Kerumah Sakit

INFOTANAHLAUT.COM- Anang Aswani (70) yang tinggal di Desa Panjaratan Rt 3 Kecamatan Pelaihari, hidupnya sendirian selama puluan tahun di sebuah rumah berukuran kecil yang sengaja di buatkan untuknya. Selain hidupnya sendiri karena tidak tahu keberadaan anak-anaknya, Anang Aswani ternyata juga menderita sakit yang cukup memprihatinkan, yakni di bagian kaki kiri mulai dari paha hingga kaki bagaikan mengalami luka bakar, namun luka-luka itu ternyata jauh lebih parah dari sekedar luka bakar. Terlihat kulitnya semakin terkelupas. Patalnya lagi, kaki kirinya bahkan tidak bisa lagi di luruskan. Hal itu di karenakan karena di bagian lulut belakang terdapat luka yang menganga, untuk itulah meluruskan kaki pun sudah tidak bisa lagi. Luka lainnya juga berada di bagian kaki serta lutut kiri.
Namun untungnya Anang Aswani masih mendapat perhatian dan di rawat oleh Wardani keponakannya yang tinggal di sebelah rumah kecilnya.
Senin (22/1) Wardani menceritakan, awalnya dulu Anang tinggal di daerah Sampit, Kalteng. Karena di Sampi mengalami stroke maka di jemput. Usai stroke sudah mulai sembuh, Anang pun kembali ke Sampit, akan tetapi minta di jemput lagi karena mengalami seperti luka bakar di kaki.
“yang namanya pengobatan kampung sudah ke sana kemari, bahkan di vonis mengalami penyakit itu akibat di guna-gun orang, kami sepakat membuatkan Anang rumah kecil dan merawatnya, karena kini keberadaan anak-anaknya tidak di ketahui lagi di mana, hanya saja berada di Banjarmasin tapi di mana,” ungkapnya.
Ia menambahkan, awalnya hanya gatal-gatal saja tapi lambat laun malah seperti luka, apalagi kalau di garuk maka kulit sampai terkelupas, entah apa juga mengalami kencing manis karena luka di lutut belakang dan kaki tak kunjung kering.
Kondisi Anang Aswani pun menjadi satu atensi bagi relawan yang tergabung dalam Respon Cepat (RC) 113 Tala. Di bawah koordinatornya Edwin Sihol, setelah meminta ijin dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Tala Syahrian Nurdin, maka relawan RC 113 Tala pun bergerak.
Relawan sebagian ada yang mengurus surat rujukan ke Puskesmas Desa Panjaratan untuk di bawa ke rumah sakit H.Boejasin, sementara ada yang menyiapkan armada untuk membawa Anang ke rumah sakit menggunakan armada PMI Tala.
“kita akan tetap terus berupaya sekuat dan semampunya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami masalah dengan kesehatan di wilayah Kabupaten Tanah Laut, khususnya bagi warga yang memang keterbatasan dana, karena memang ini juga merupakan amanah dan seiring dengan keinginan Pemkab Tala untuk bisa mengakomodir masyarakat yang bermasalah dengan kesehatan, namun di harapkan juga adanya kerjasama dengan pihak terkait untuk tidak terlalu mempersulit keadaan yang urgent, janganlah membuat birokrasi yang merumitkan,” jelas Edwin.
Anang Aswani pun selanjutnya di bawa ke rumah sakit H Boejasin Pelaihari bersama sepupunya, dan tiba di rumah sakit para anggota relawan RC 113 Tala lainnya pun sudah siap menyambut Anang.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook