SERBA-SERBI

Hijrah Dari Garut Demi Sang Atribut Hut RI

INFOTANAHLAUT.COM-Bagi Ipul, penjual bendera merah putih maupun atribut lainnya seperti umbul-umbul dan bendera bentuk memanjang, ia datang jauh-jauh dari kota Garut Provinsi Jawa Barat bersama beberapa orang rekannya, datang ke Kabupaten Tanah Laut hanya untuk mencari rejeki.
Momentum perayaan hari kemerdekaan bangsa ini, menjadi hal yang setiap tahunnya bagi para pedagang bendera merah putih maupun sejenisnya menjajakan beragam bentuk dan ukuran bendera. Barang-barang dagangan pun mereka gelar di trotoar Jalan A.Yani.
Beragam ukuran dan harga sudah pasti variatif.
Bendera merah putih ukuran 60 cm, di jual seharga Rp 15.000 per lembar, begitu sebaliknya semakin besar ukuran bendera maka harga pun naik, mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 100.000.
Konsumen pun di tawarkan dengan beragam corak bendera, ada gambar Garuda Pancasila, maupun ada yang bergambar Presiden RI pertama Soekarno.
Di temui, Kamis (15/8) di tempat Ipul menjual bendera merah putih dan atribut lainnya di Jalan A.Yani depan markas Kodim 1009 Pelaihari menuturkan, sudah kali ke 4 ia datang ke Kabupaten Tanah Laut hanya untuk berjualan bendera.
“Berada di kota ini sudah selama 2 pekan, dan ada 9 orang teman yang sama-sama dari Garut datang ke Tanah Laut,”ungkapnya.
Ia menambahkan, pagi sekitar pukul 08.00 wita barang-barang sudah di gelar di trotoar hingga sampai ke pukul 18.00 wita barang-barang kembali di kemas.
Namun, tidak selamanya apa yang menjadi harapan Ipul dengan menjual bendera merah putih maupun atribut lainnya laris.
Kegundahan masih di rasakan Ipul, manakala tahun ini terjadi penurunan penjualan.
“Barangkali karena di tahun lalu warga yang membeli bendera masih menyimpannya, sehingga tahun ini masih bisa di pergunakan,”ucap Ipul.
Sementara itu Ruspianto, salah seorang warga dari Kecamatan Takisung yang kebetulan mampir ke tempat Ipul dan membeli satu lembar bendera merah putih ukuran sedang menuturkan, untuk kualitas kain bendera memang sangat bagus, lembut dan tidak mudah terlihat kusut, dan harga juga terjangkau.
“Beli satu bendera untuk di pasang di depan rumah, karena bedera yang sudah ada sebelumnya terlihat kusam. Soal harga terjangkau yakni Rp 40.000 untuk ukuran bendera rumahan,”terangnya.
Kehadiran para penjual bendera merah putih dan atribut lainnya di kota Pelaihari menjadi pilihan alternatif warga yang ingin memiliki bendera merah putih untuk di pasang di rumah maupun di lingkungan perkantoran Pemerintahan maupun swasta.Tung

4
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.