IPTEK

Hut Ke 5 Mahasiswa TIP Politeknik Tala Punya Gawi

INFOTANAHLAUT.COM-Di hari ulang tahunnya yang ke 5, himpunan mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (TIP) Politeknik negeri Tanah Laut punya cara sendiri dalam perayaan hari jadinya dengan menggelar lomba kreasi produk tingkat pelajar SLTA dan internal mahasiswa Politeknik negeri Tanah Laut sendiri (24/10/208) pekan tadi.
Lomba kreasi prouk untuk SLTA yakni menggunakan bahan pangan lokal sepeti labu kuning, dan mahasiswanya mengkreasikan dari limbah pangan maupun limbah industri seperti bekas kulit buah-buahan, kemudian ada juga bekatul yang di jadikan dodol, serta limbah industri berupa bekas botol-botol atau bekas kemasan air mineral.
Dalam lomba di bagi 19 kelompok SLTA, 1 kelompok ada 3 orang. 1 SLTA ada 57 orang, dan mahasiswa sendiri ada 14 kelompok, 1 kelompok ada 3 orang mahasiswa dan ada 42 orang, sehingga keseluruhan ada 99 orang.
Ketua panitia pelaksana lomba Abdul Majid mengatakan, harapan di adakannya lomba kreasi produk tingkat SLTA se Tanah Laut dan mahasiswa se Kalimantan Selatan agar dapat memicu atau memunculkan ide-ide kreatif, melahirkan pemikiran yang inovatif anak bangsa untuk memanfaatkan hasil pertanian lokal Kalimantan Selatan, terutama Kabupaten Tanah Laut. Selain itu juga supaya mahasiswa bisa mengelola dan memanfaatkan limbah yang ada di sekitar lingkungannya agar dapat memanfaatkan limbah menjadi sebuah produk yang bermanfaat serta mengurangi limbah yang pada akhirnya dapat menjaga kelestarian lingkungan, terang mahasiswa jurusan TIP semester 3 ini.
Dalam lomba kreasi produk salah satunya berupa “Labu Kuning” sebuah karya yang menjadi keasi yang cukup unik, kreatif, dan inovatif.
“Kegiatan merupakan agenda tahunan,”imbuh Majid pula.
Dalam lomba kreasi produk tersebut tampil sebagai juara umum atau piala bergilir tingkat SLTA yakni juara 1 MA Ubudiyah, juara 2 MAN Nurul Islam Kurau, juara 3 MAN Tala, juara harapan 1 SMK SPP Negeri Pelaihari, Harapan 2 SMKN 1 Pelaihari. Di tingkat mahasiswa juara 1 Uniska Banjabaru, juara 2 Mahasiswa Politala, juara 3 Uniska dan juara harapan 1 mahasiswa Politala.Tung

19
95%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
5%
angry

Komentar Facebook