PUBLIK

IKAMM Tawarkan Konsep Percantik Gunung Kayangan

INFOTANAHLAUT.COM-Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa Malang (IKAMM) yang keanggotaannya menyebar di Kabupaten Tanah Laut, Batu Licin Kabupaten Tanah Bumbu dan Pulau Laut Kabupaten Kotabaru, menawarakan program kerja kepada Pemkab Tanah Laut untuk selanjutnya mengelola objek wisata gunung Kayangan.
Dalam IKAMM sendiri merupakan kumpulan para pengusaha-pengusaha yang sepakat bakal merubah keadaan gunung Kayangan sebagai gerbang Kabupaten Tanah Laut, karena diakui selama ini keberadaannya tidak memiliki daya tarik.
Sejalan dengan itu, Minggu malam (9/12/2018) kemarin wakil bupati Tala Abdi Rahman melakukan pertemuan dengan jajaran IKAMM di salah satu anggota IKAMM di Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambang Ulang.
Dalam pertemuan tersebut Anang Bahran, salah seorang tokoh masyarakat di Kabupaten Tanah Laut menyampaikan beberapa konsepnya.
Melihat pada kondisi gunung Kayangan, maka sudah saatnya dilakukan penataan atau di percantik. Gunung Kayangan adalah ikon Tanah Laut, itu sebabnya lewat tangan dari IKAMM berharap penuh gunung Kayangan dapat memberikan daya tarik bagi orang yang melintas dan hendak menuju Tanah Laut.
“Rasanya sangat sayang jika aset daerah ini hanya di biarkan dan tanpa ada perubahan, bagaimana layaknya daerah lain di pulau Jawa yang begitu indah dengan mengelola sebuah perbukitan, dan menjadi objek wisata yang menarik, maka efeknya dapat menggerakan roda perekonomian warga,”kata Anang Bahran.
Sementara itu Jainal Rija ketua IKAMM Kalsel usai pertemuan menjelaskan, konsep yang di tawarkan IKAMM kepada Pemkab Tanah Laut pada gunung Kayangan memang lebih spesifik pada pengembangan sektor wisata.
Perencanaan yang terintegrasi, dimana akan di bangun beragam variasi mulai dari pendidikannya, olah raganya, dan tempat-tempat guest house, di tambah areal parkir, kuliner termasuk membuka oulet untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan harapan masyarakat sekitar dapat memanfaatkan dan membawa hasil-hasil bumi maupun kerajinan tangan, kata Jainal.
“Konsepnya sudah di selesaikan, dan mengubah gunung Kayangan pakai investor. Pada minggu terakhir bulan Desember sudah di mulai, sementara target pembangunan bertahap dengan menyesuaikan agenda Pemkab Tala. Investor sendiri cukup dari lokal saja tidak perlu harus dari luar karena investor lokal di lihat cukup mampu. Untuk nilai invetasi sendiri belum di kalkulasi, karena sifatnya masih menyiapkan rumah terlebih dahulu baru nanti menyangkut perabotannya menyusul,”beber Jainal.
Sementara wakil bupati Tala Abdi Rahman mengatakan, hal itu sesuatu yang sangat berharga bagi Pemkab Tala. Hal tersebut sebagai sebuah gebrakan adanya partisipasi masyarakat banua, baik di dalam maupun di luar.
“Segera di rumuskan agar menjadi program yang bisa dilaksanakan, bagaimana mengefisienkan APBD dan skala prioritas menarik investor dengan catatan mempermudah semua investor dan sama-sama saling menguntungkan baik kepastian usaha dan perijinan,”jelas wabup Tala.
Dalam pengembangan kawasan wisata memang ada skala prioritas untuk di kembangkan, sehingga dalam penganggaran daerah akan efektif dan efisien serta tepat sasaran.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook