SENI & OLAHRAGA

Imam : “ Inginkan Tala Jadi Contoh Olahraga Bersepeda”

INFOTANAHLAUT.COM- Program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berupa Gowes Pesona Nusantara Etapa Tanah Laut 2017, di hadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Sabtu pagi (22/7).
Menpora bersama bupati Tala Bambang Alamsyah, wakil bupati Tala H Sukamta, forkopimda serta masyarakat Pelaihari yang berangkat dari depan kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala jalan Datu Insad, selanjutnya rute bersepeda mengitari ruas jalan kota Pelaihari dan finish berada di kantor Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) yang berada di jalan A Syairani atau di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari.
Dalam gowes tersebut dibagi dua bagian, yakni kelas fun bagi anak-anak pelajar dan kelas ekstrim bagi pecinta goweser, serta sepeda hias.
Tercatat lebih dari 6000-an peserta yang mengikuti gowes ini, dan peserta terjauh datang dari kota Buntok provinsi Kalimantan Tengah, selebihnya dari Banjarmasin dan kabupaten kota lainnya di Kalsel.
Kedatangan Menpora pun di sambut dengan tari-tarian Radap Rahayu dan sajian pencak silat.
Di kesempatan itu, Iman Nahrawi di serahkan satu kendi tanah yang asli dari Kabupaten Tanah Laut oleh bupati Tala Bambang Alamsyah dengan tujuan agar tanah tersebut nantinya dapat di satukan saat peringatan puncak Hari Olahraga Nasional di kota Magelang Jawa Tengah tanggal 9 September 2017 mendatang, dan di letakan di gunung Tidar serta di bangunkan monumen sebagai lambang NKRI.
Imam juga selanjutnya melakukan pengundian kupon peserta gowes, dengan 3 hadaih utama berupa tour wisata ke Candi Borobudur Jawa Tengah.
Sejumlah hadian lainnya seperti 2 buah sepeda motor dan door prize lainnya siap untuk di bagikan kepada peserta yang beruntung.
Iman juga menyerahkan piagam pengrahaan kepada Pemkab Tanah Laut atas program Gowes Pesona Nusantara, piagam kepada Pemrov Kalsel yang di terimakan oleh staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Gusti Yanuar Noor Rifa’i, serta kepada Profesor Abidin selaku tokoh masyarakat Kalsel.
Menpora di hadapan pejabat dan peserta gowes mengatakan, datang ke Tanah Laut ini pertama kangen dengan bupati dan masyarakat di Tala.
“tantangan kedepan adalah dengan serbuan tehnologi yang kian tidak terbendung, maka hal itu akan menggeser budaya asli Indonesia, maka tantangan itulah yang harus di hadapi bersama-sama. Presiden Jokowi telah meminta untuk melakukan pengembalian solidaritas dengan cara bugarkan lewat olahraga bersepeda, karena ada take line “Ayo Olahraga”,dan menginginkan Tanah Laut ini sebagai contoh olahraga bersepeda,” ucapnya.
Di momentum itu pula, Menpora melakukan peninjauan lebih dekat keberadaan stadion Pertasi Kencana Pelaihari yang dalam tahap penyelesaian pengerjaan, baik kondisi lapangan maupun tribunnya.
Dalam keterangan persnya Menpora Imam Nahrawi pada seputar kegiatan gowes mengatakan, sangat berterima kasih kepada Pemkab dan masyarakat yang begitu mendukung program dari Kemenpora dan ini pertanda ada kesadaran massif, dan kedepan berharap hal ini menjadi kebijakan besar bahwa harus ada hari besepeda satu hari.
“bersepeda bukan hanya menguatkan kegembiraan, semua yang bersepeda tidak ada yang sedih, semuanya senang baik dapat atau tidak dapat door prize semua senang, bahkan sampai atau tidak sampai finish tetap senang, dan saling komunikasi yang barangkali lama tidak bertemu. Seluruh masyarakat Indonesia harus menjadikan sepeda sebagai alternatif baru,” katanya.
Lebih lanjut Iman mengungkapkan, layaknya negeri Cina yang di siapkan sebuah regulasi besar karena di sana sangat padat, kemudian tingkat polusinya cukup tinggi, belum lagi kemacetannya maka Cina ingin menjadikan sepeda sebagai sebuah alat transportasi massal, dan Indonesia juga harus memulai itu.
Saat ini ada 90 kabupaten kota yang telah melakukan mencintai bersepeda termasuk di Kabupaten Tanah Laut salah satunya. Berharap pula ada pegowes dari Kabupaten Tanah Laut yang bersepeda menuju puncak Haornas di Magelang.
Sementara itu bupati Tala Bambang Alamsyah kepada pers mengatakan, berkaitan dengan gowes ini, Pemkab Tanah Laut sangat mendukung, apalagi sudah sangat jelas kemanfaatan dari bersepeda tidak saja dari sisi olahraga, prestasi tapi juga dari segi kehidupan sehari-hari.
“Pemkab Tanah Laut siap untuk mendukung program bersepeda dengan melahirkan program bersepeda satu hari,” ungkap bupati.
Lebih lanjut bupati menambahkan, masyarakat yang hebat tidak semata dari sisi pintar, keagamaan, namun juga dari sisi kesehatan jasmani, karena hal itu juga sangat mendukung masyarakat itu hebat.
Kepulangan Menpora agak sedikit tertunda karena di kesempatan itu di manfaatkan peserta gowes untuk berselfi bersama sebelum masuk ke mobil.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook