PUBLIK

Ingin Contohkan Kampung Bersih Dan Sehat

Setiap orang pasti mendambakan hidup bersih dan sehat, baik di lingkungan tempat tinggal atau di tempat kerja. Bagi kaum ibu di Desa Bumi Jaya Rt 1B Kecamatan Pelaihari, memang sudah cukup lama mempunyai tradisi sapu kampong.
Terdiri dari 10 sampai 15 orang kaum ibu, setiap hari Jum’at sekitar pukul 16.00 wita atau selepas solat Ashar, atau pada hari-hari lainnya, mereka masing-masing membawa sapu lidi dan selanjutnya menyisiri jalan di pemukiman Rt 1B sambil menyapu.
Tumpukan daun-daun kering maupun bekas bungkusan makanan ringan dan sampah lainnya mereka kumpulkan, dan seraya di bakar.
Operasi pembersihan sampah-sampah dedaunan maupun yang lainnya ini tidak semata hanya di lingkungan Rt 1B semata, namun kaum ibu yang sudah berbekal sapu lidi ini secara massal membersihkan hingga sampai ke ruas jalan utama Desa Bumi Jaya, dan sampai pula dekat dengan salah satu sekolah yakni UPTD SMP Negeri 12.
Tidak ada yang menjadi komandan dalam pasukan sapu-sapu kaum ibu ini. Siapa yang lebih dulu datang sambil menunggu rekannya yang lain, aksi menyapu pun dilakukan. Ketika mereka sudah pada terkumpul maka masing-masing anggota berinisiatif menyapu sisi drainase bahkan dalam drainasenya sendiri, serta di bahu jalan.
Terlebih dalam waktu dekat ini akan menghadapi peringatan Hut RI ke 74, kaum ibu ini lebih bersemangat agar pemukiman mereka jauh lebih bersih lagi, kendati sebenarnya tidak semata hanya untuk menghadapi Hut RI, namun di luar moment itu budaya sapu-sapu kampung sudah mereka terapkan.
Di utarakan Wiwik Widayati (34) seorang ibu yang tergabung dalam pasukan sapu kampung, Minggu (4/8) mengungkapkan, hal ini memang kegiatan rutin dari RT 1B, jadi setiap 1 minggu sekali melakukan bersih lingkungan.
“hal ini tiada lain begitu berkeinginan dan mencerminkan kesehatan dan kebersihan di mata masyarakat, dan biasanya kalau lagi tekumpul bisa mencapai 50 orang kaum ibu-ibu yang pegang sapu lidi,”ungkapnya.
Tiada kata lain, selain tujuan utama adalah warga di sini ingin menjaga kesehatan, dan berharap apa yang dilakukan dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain agar bersih, sehat dan berseri, tutup Wiwik.
Sebagai catatan, Desa Bumi Jaya sendiri berada pada posisi 5 Regional 3 Kalimantan dalam lomba desa tingkat nasional tahun 2019.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook