HIBURAN

Itik-Itik Nampak Kelelahan Akibat Diburu

INFOTANAHLAUT.COM- Suara gemercik air persawahan di Desa Handil Birayang Atas Kecamatan Bumi Makmur lantaran ada sekelompok orang,baik dewasa maupun remaja yang nampak berlarian kesana-kemari hanya untuk berburu dan menangkap ternak Itik. Sejumlah itik-itik itupun terlihat stress dan kelelahan akibat di kejar hingga sampai dapat tertangkap oleh sekelompok orang dewasa dan remaja yang berada di areal persawahan dan belum tertanam padi. Itulah ia lomba “Balajuan Manangkap Itik”, Jum’at pagi (25/1/2019).
Lomba menangkap itik merupakan rangkaian dari kegiatan Manunggal Tuntung Pandang yang secara rutin di gelar dengan lokasi desa yang berpindah-pindah dan sebagai ciri khas dari kegiatan tersebut adalah melakukan sarasehan antara bupati Tala beserta jajarannya kepada warga yang erat kaitannya dengan penyerapan aspirasi di desa.
Lomba cepat-cepatan menangkap itik di ikuti 60 orang peserta, baik dewasa maupun remaja. Ketentuannya, tiap peserta harus bisa menangkap itik yang sudah di beri tanda pita berwarna warni baik di ikatkan di leher maupun di sayap itik, tentu saja peserta pun di beri tanda pita yang di ikatkan di tangan sesuai dengan warna pita pada itik. Tiap peserta ada yang di berangkatkan menangkap itik 7 sampai 4 orang.
Setelah itik di lepas, maka di butuhkan kecepatan dalam berlari di areal sawah sambil mencari itik yang sesuai dengan warna pita masing-masing. Ada saja peserta yang harus kualahan mengejar itik karena itik kejarannya menyelam untuk berusaha tidak di tangkap, namun usaha itik sia-sia manakala peserta terus mengejar. Itik-itik itupun rupanya kelelahan karena terus di kejar, sehingga dengan kondisi lelah itik itupun dapat dengan mudah di tangkap.
Peserta yang menang pun di siapkan hadiah uang dan barang yang di persembahkan oleh pihak perbankan dan Pemkab Tanah Laut, dan lomba cepat-cepatan menangkap itik tersebut turut di saksikan bupati Tala H.Sukamta beserta ketua TP PKK Tala Hj. Nurul Hikmah Sukamta serta kepala SKPD lainya, berikut dengan masyarakat setempat.
Melihat potensi desa yang sangat cocok dengan pengembang biakan ternak itik, bupati Tala H.Sukamta usai menyerahkah hadiah-hadiah kepada juara mengatakan, desa ini memang menjadi desa yang berpotensi untuk pengembangan itik, atau dapat menjadi sentranya itik di Kabupaten Tanah Laut.
“Ketersediaan pakan yang cukup, disamping faktor geografis desa yang memang cocok untuk itik, barangkali tidak saja hanya pada itiknya namun bisa juga pada telur itiknya,”kata bupati Tala.
Bupati Tala menambahkan, di tahun ini pula Desa Handil Birayang Atas akan di distribusikan bantuan 1.000 ekor itik, dimana tahun sebelumnya sudah ada 400 ekor. Hal tersebut sebagai salah satu stimulan (rangsangan) dari Pemkab Tanah Laut supaya masyarakat untuk bersemangat dalam mengembangkan itik di Kecamatan Bumi Makmur. Sementara terkait lomba secara bertahap di kembangkan dan bisa menjadi aset wisata di Kabupaten Tanah Laut.
Hal senada di utarakan kepala Desa Handil Birayang Atas M.Arifin, desa ini memang wilayah pertanian disamping itu mata pencaharian warga ada yang mengembangkan itik maupun petelor itik.
“Ditahun 2017 lalu ada bantuan itik dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala 400 ekor, yang rencananya tahun ini kembali di bantu 1.000 ekor. Sementara menyangkut produksi itik yang di kirim keluar daerah harus terlebih dahulu di budi dayakan berupa penggemukan, setelah ada bantuan dari dinas peternakan dan kesehatan hewan, akan tetapi yang banyak di kirim itu berupa telurnya, baik yang biasa ataupun sudah dalam bentuk asinan telur itik,”ungkap Arifin.
Potensi untuk pengembangan ternak itik di Desa Handil Birayang Atas memang sangatlah cocok, terlebih obsesi bupati Tala bahwa Kecamatan Bumi Makmur dan Kecamatan Kurau kedepannya bakal di jadikan daerah sentra ternak itik di Kabupaten Tanah Laut atau bahkan se Kalsel.Tung

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.