PENDIDIKAN

Jadilah Guru Yang Diidolakan Muridnya

INFOTANAHLAUT.COM-Bupati Tala H.Sukamta,Jum’at (1/3/2019) kemarin di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tala secara simbolis membagikan sertifikasi bagi guru tingkat SD dan SMP yang telah lulus dalam Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) tahun 2018 lalu.
Penyerahan sertifikat oleh bupati Tala di dampingi kepala Disdikbud Abdilah dan sekretaris Disdikbud Dana Permana.
Kadisdikbud Tala Abdilah mengungkpkan, jumlah penerima sertifijat PLPG sebanyak 122 orang terdiri dari guru TK 46 orang, guru SD 60 dan guru SMP 16 orang. Ini adalah hasil dari program pendidikan dan pelatihan guru. Mereka menjalani diklat yang dilakukan oleh Kemendikbud RI.
“Mash ada 9 orang guru yang sudah mengikuti selesksi 4 kali, akan tetapi belum berhasil,”kata Abdillah.
Abdillah menambahkan, jumlah guru di Kabupaten Tanah Laut sebanyak 2.494 orang, yang sudah bersertifikasi sebanyak 2.197 orang, dan guru non ASN sebanyak 77 orang dari guru yayasan yang juga dapat sertifikat plus tunjangan sertifikasi dari Pemerintah RI.
Di kesempatan tersebut bupati Tala menekankan, karakter dan sikap yang beda ketika sudah mengantongi sertifikat. Semua ini adalah tuntutan perkembangan jaman, dimana seluruh jabatan prosfesi semuannya harus punya sertifikat.
“Tidak cukup di angkat jabatan fungsuional guru, tapi harus tunjukan guru yang profesional. Sertifikat senagai pengakuan guru yang profesional yang layak melakukan proses belajar mengajar, dan yang belum sertifikasi jelas belum bisa buka Bimbingan Belajar (Bimbel). Semua harus di ikuti dengan rasa tanggung jawab dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar, karena akan di tuntut profesionalismenya, terutama kompetensi seorang gurunya,”ucap bupati Tala.
Seorang guru juga di ingatkan bupati Tala, kemampuan motorik guru ketika berhadapan dengan puluhan siswa di kelas, harus berbagai cara di gunakan tidak hanya satu cara bagaimana pola mengajar kepada siswa dalam satu kelas.
Yang utama terang bupati Tala di penghujung arahannya, melatih penghormatan anak kepada guru, itulah kesan yang akan selalu di ingat sang anak. Jadilah guru yang di tiru murid, kepribadian guru mutlak di perlukan contoh kecil kalau baju guru kekecilan jangan di pakai, begitu pula kalau roknya agak pendek jangan pula di pakai. Jadilah guru yang di idolakan karena kepribdiannya.
Sementara itu Luwis Kusumawati salah seorang guru SDN 1 Kintap Kecil di Kecamatan Kintap yang mengajar paling jauh di wilayah Kabupaten Tanah Laut, usai acara mengungkapkan jika ia sangatlah senang bisa mendapatkan sertifikasi ini.
“Kurang lebih 1 tahun menunggu sertifikasi,dan memang jika berurusan dengan Disdikbud maka paling jauh menuju ke Kabupaten dengan lama waktu tempuh 2 jam,”ucapnya.(Mul)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook