PUBLIK

Jagung Hibrida Coba Dikembangkan

INFOTANAHLAUT.COM- Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalsel di kebun percobaan Desa Telaga Kecamatan Pelaihari, Senin (13/11) kemarin melakukan temu lapang dengan petani dan sekaligus menanam bersama jagung hibdrida di lahan seluas 10 hektar. Dalam temu lapang dengan petani setempat yang tergabung dalam Poktan Jakasuma Desa Telaga, pemateri di sampaikan oleh BPTP tentang teknologi budi daya jagung sampai pada pasca panen, dan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tala terkait kebijakan perjagungan di Tanah Laut, dan pemateri lainnya dari pihak swasta, dengan memilih salah seorang pengusaha jagung Budiono yang sudah berhasil dari Desa Gunung Raja Kecamatan Tambang Ulang.

Kegiatan tersebut dalam rangka untuk mendukung upaya peningkatan produksi jagung di Kalsel, atau upaya khusus Pajale (Padi, Jagung,Kedelai).

Di jelaskan penanggung jawan kebun percontohan Taufik Rahman, di lokasi ini merupakan pemanfaatan lahan dan di kembangkan jagung jenis hibrida yang merupakan hasil dari Badan Litbang yakni varitas Bima 20.

“jenis Bima 20 yang di ciptakan tersebut perlakuannya juga khusus, paling tidak ada bibit jagung pejantan (Nei), di saat tanam harus bersama, dan target panen jagung hibrida berkisar 7 ton per hektar,” jelasnya.

Kabupaten Tanah Laut memang penghasil jagung di wilayah Kalsel, sejumlah pabrik pakan ternak berskala besar telah hadir di Kecamatan Bati-Bati.Tung

 

0
0%
like
0
0%
love
1
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook