RELIGI

Jagung Pun Ikut Pawai Ta’aruf

INFOTANAHLAUT.COM-Menyambut tahun baru islam 1440 Hijriah di Kabupaten Tanah Laut di isi dengan pawai ta’aruf anak-anak Taman Pendidikan al’quran,SD,dan SMP se Kecamatan Pelaihari, Selasa (11/09/208) pagi di depan Balairung Tuntung Pandang Jalan Pancasila Pelaihari.
Beragam corak model pakaian yang di kenakana peserta pawai,bahkan yang menjadi daya tarik penonton yakni peserta dari TPA Desa Ujung Batu Kecamatan Pelaihari, dalam pawai tersebut mereka membawa batang-batang pohon jagung yang masih hijau. Hal tersebut menggambarkan rahmat dari Allah SWT karena di Desa Ujung Batu yang lahannya subur dan cocok dalam menanam jagung hingga sampai panen raya. Ada pula imitasi binatang padang pasir Onta yang terbuat dari kain karung, miniatur Ka’bah, miniatur Al quran, kelompok solawat sinoman hadrah serta membawa tulisan asmaul husna.
Tidak ketinggalan, dari pihak Polres Tala pun ambil bagian dalam pawai ta’aruf yakni para Polwan yang menggunakan sepeda dan ikut pawai serta sekaligus melakukan pengamanan peserta pawai saat menjalani rute yang telah di tentukan panitia pelaksana.
Pelaksanaan pawai ta’aruf dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Tanah Laut bekerjasama dengan Badan Koordinasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Tala.
Ketua PHBI Tala Drs.H.Ahmad Rosadi mengatakan, peserta memang tahun ini di batasi memgingat rute yang pendek sehingga seperti tahun sebelumnya saat peserta belakangan belum habis maka peserta yang sudah di lepas sudah keburu sampai, dimana 1 sekolah tingkat SD, SMP, Tsanawiyah, MAN hanya di minta mengirim siswanya sebanyak 200 orang saja namun untuk TPA tidak di batasi.
Peserta pawai ta’aruf juga di nilai dan di berikan hadiah utamanya berupa trophy bergilir, piala dan uang pembinaan dari H.Iriansyah (H.Ian) salah seorang pengusaha dan mantan crosser Tala.
Pawai ta’aruf di lepas Asisten II bidang ekonomi pembangunan dan kesejahteraan rakyat Noor Hidayat. Sebelum melepas pawai Noor Hidayat mengatakan, pawai ta’aruf merupakan momen yang penting dan stategis sekaligus memupuk ukhuwah islamiah, menumbuh kembangkan nilai-nilai islam. Pawai sebagai syiar islam, kepedulian, solidaritas antar sesama muslim.
“Sama-sama marilah berdoa memasuki tahun baru 1440 Hijriah, semoga Kabupaten Tanah Laut dalam selalu lindungan Allah SWT, cepat melakukan kemajuan bagi daerah,”kata Hidayat.
Ia menambahkan, patut kiranya bersyukur Kabupaten Tanah Laut tidak seperti daerah lain seperti Lombok di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang di landa gempa bumi. Mari kita doakan agar masyarakat di Lombok bisa ridho menerima cobaan dari Allah SWT.
Guna menjaga kestabilan fisik dan kesehatan peserta pawai ta’aruf yang rata-rata di ikuti anak-anak tingkat TPA, fasilitas pelayanan kesehatan seperti ambulan dari Dinas Kesehatan dan ambulan dari relawan Respon Cepat (RC) 113 Tala pun siaga penuh. Beberapa peserta memang ada yang harus di evakuasi ke dalam ambulan karena kelehahan berjalan, namun tidak membawa dampak yang serius.
Pada pelaksanaan pawai ta’aruf juga di hadiri kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala, kepala Kemenag Tala, Dandim Kodim 1009 Pelaihari, bupati terpilih H.Sukamta, kabag Ops Polres Tala dan H.Iriansyah pengusaha yang menyediakan hadiah trohy bergilir,piala dan uang pembinaan kepada peserta yang meraih juara.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook