PEMERINTAHAN

Jangan Main-Main Dengan ADD

INFOTANAHLAUT.COM- Kepada 52 orang kepala desa yang baru saja di lantik oleh bupati Tala Bambang Alamsyah, jum’at (29/12) di gedung Balairung Tuntung Pandang Berseri di tekankan untuk bermain-main dengan Alokasi Dana Desa (ADD), karena itu adalah uang negara dan uang rakyat, demikian Bambang dalam arahannya usai melantik secara massal kepala desa tersebut.
Berharap kedepan, dari sekian ratus orang kepala desa yang ada di Kabupaten Tanah Laut, maka bisa kelak untuk maju sebagai calon bupati Tala, kata Bambang pula.
Pelantikan kepala desa secara serentak ini, setelah melalui tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang secara serentak pula dilakukan pada bulan November 2017 lalu. Sejatinya ada 52 desa yang para pimpinan desanya berakhir, namun ada satu desa yang tidak di ikutkan dalam Pilkades serentak lalu yakni Desa Muara Kintap di Kecamatan Kintap, sehingga hanya tersisa 52 desa saja.
Jabatan kepala desa yang baru di lantik tersebut, selanjutnya akan menjalankan tugasnya selama 6 tahun kedepan. Banyak pula wajah-wajah baru saat pelantikan, namun banyak pula wajah-wajah lama. Ada yang menjabat 2 periode dan ada yang menjabat 3 periode, serta ada pula yang baru menjabat sebagai kades.
“adanya anggaran ke desa itu bukanlah hadiah, tapi itu adalah amanah untuk membangun desa. Jangan main-main dengan ADD kalau tidak ingin berurusan dengan hukum. Ibarat kata selembar daun jatuh di kampung pun kades harus mengetahuinya, dan usahakan pelayanan kepada masyarakat dilakukan di kantor desa bukan di rumah jika itu memang tidak mendesak sam sekali,dan yang utama pahami apa yang ada di desa dan apa yang menjadi kekurangan di desa. Tidak ada lagi istilah yang tidak mendukung di jauhi, tapi sama-sama membangun desa,” harap Bambang.
Sementara itu usai pelantikan berlangsung, Suhaimi kades muda yang berusia 31 tahun dan mendapat kepercayaan warga Kintap Lama di Kecamatan Kintap menjadi kades menuturkan, terhadap adanya anggaran yang telah di gelontorkan Pemerintah, baik APBN maupun APBD kedepannya berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat.
“desa kami yang merupakan desa yang berbatasan dengan Kecamatan Jorong, maka akan berpengaruh pada penyerapan tenaga kerja utamanya yang menyangkut kawasa industri di Kecamatan Jorong, maka itu merupakan sebuah peluang, namun harus dilakukan pembekalan kepada masyarakat atau pemuda,” ungkapnya.
Pada pelatikan kades turut di hadiri Forkopimda dan kepala SKPD, keluarga kades serta panitia pemilihan masing-masing kades.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook