PUBLIK

Jangan Mengaku Orang Tala Kalau Tak Pakai Produk Tala

INFOTANAHLAUT.COM-Bupati Tanah Laut H.Sukamta Kamis (13/2) mengatakan,jangan mengaku sebagai orang Tanah Laut kalau tidak pernah memakai produk dari Tala salah satunya kain Sasirangan Jimpitan produksi warga Desa Martadah,demikian Sukamta dalam pidatonya pada peresmian gedung Pusat Promosi Sentra Industri Kecil Menengan (IKM) di Kecamatan Tambang Ulang oleh Ketua TP PKK Tala Hj.Nurul Hikmah Sukamta, sementara Sukamta melakukan penanda tanganan batu prasasti.
Pada kesempatan itu,Sukamta juga melounching dua jenis kain Sasirangan model baru dan diberikan nama.
Kedua kain tersebut yakni Saringkel Pandan (Sasingam Ringkel Tuntung Pandang) dan kain Batik motif Sasirangan dinamai Bataringan (Batik Tanah Laut Motif Sasirngan).
“Seperti model Sasirangan Jimpitan warna yang sudah bagus,beberapa kali dicuci tidak berubah warnanya dan inilah kain khasnya Tala. Hadirnya gedung Pusat IKM ini kelak mempunyai multi efek bagi masyarakat tidak saja di Kecamatan Tambang Ulang,namun bisa meluas,”kata Sukamta.
Sementara itu Masturi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tala melaporkan,berada di eks lahan pasar Kecamatan Tambang Ulang kini dibangun gedung Pusat Promosi Industri Kecil Menengah (IKM) Sasirangan.
Gedung dibangun dengan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,8 milliar.
Masturi menambahkan,keberadaan gedung diharapkan sebagai median iklan,dan diperlukan kerja sama dengan Dinas Pariwisata untuk memberikan promosi kepengunjung wisata dan untuk harga-harga produknya sama dengan pengrajin.
Pada peresmian gedung juga ditampilkan sejumlah stand-stand yang memajang beragam produk-produk IKM.
Stand-stand itupun satu per satu dikunjungi Sukamta dan Forkopimda.
Ditampilkan pula peragaan model kain Sasirangan dua model baru yang sudah diberi nama oleh Sukamta.
Pada peresmian gedung tersebut dihadiri pula Wakil Bupati Tala Abdi Rahman,Forkopimda,jajaran Kecamatan Tambang Ulang,kepala SKPD dan warga setempat.Tung

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook