OPINI

Jangan Nyinyir

INFOTANAHLAUT.COM- Oleh: Syahrani
Telah tayang di link facebook

Masih tentang pelari sprinter Zohri. Saat ini banyak yang mengelu-elukan atas prestasinya. Pencapaian tersebut bukannya dilihat sekarang. Tapi merupakan proses yang panjang untuk bisa mencapai kesana. Kita mungkin hanya tahu Zohri saat ini tapi belum tahu prosesnya. Disiplin, latihan dan latihan, fokus, terus berusaha dan berdoa.
Maka hal yang wajar apabila prestasi tersebut berbuah manis. Banyak yang begitu peduli. Mulai dari bonus berupa uang dari Kemenpora, Gubernur NTB, Hotman Paris,dll hingga masuk TNI/PNS tanpa seleksi, hadiah rumah dari Kemendagri bahkan sampai di ajak ke Istana Negara.

Namun, diantara euphoria tersebut masih ada yang nyinyir. “koq baru sekarang, ketika ia berhasil. Mana peran pemerintah, menpora, presiden, ketika ia berjuang”.
Memang, orang di balik layar atas keberhasilan Zohri adalah Bob Hasan. Beliau yang mengurusi semua proses pengiriman Zohri ke Finlandia. Beliau juga terus konsisten melahirkan bibit-bibit pelari. Bahkan Zohri hampir batal berangkat karena urusan Visa, apabila tidak dibantu oleh Bob Hasan.
Akan tetapi, untuk diketahui, Zohri bukan simsalabim yang tiba-tiba adan dan siap dikirim ke Finalindia. Zohri merupakan atlet andalan Pemprov NTB dan di proyeksikan untuk PON 2020 di Papua. Zohri juga sudah masuk pelatnas (yang dibiayai pemerintah) sejak tahun 2016. Ia juga dikirim uji tanding di Asian Games di Bulan Februari 2018. Kemudian Bulan April 2018 beruji tanding ke AS dan meraih medali perak. Juni 2018 mendapatkan medali emas di Kejuaraan Asia di Jepang. Pada 8 Mei 2018, Menurut PB. PASI, peluang atletik di Asian Games hanya pada lari estafet, dan Zohri adalah salah satu pelarinya. Karena untuk catatan sprinter, Zohri masih jauh di bawah sesama rekan pelatnas yaitu 10,17. Atau pelari dunia Usain Bolt yang di bawah 10 detik.
Semua itu adalah proses. Apakah semua itu harus dipublikasikan ?!. Tentulah ketika seseorang berprestasi, barulah ia di kenal, barulah mata kita tau dan terbuka, barulah bonus mengalir, jadi jangan dibalik.
Kembali ke perihal bonus yang bejibun. Kita sering mendengar istilah bahwa “Allah itu tidak tidur”. Kemudian adajuga yang mengatakan “proses tidak mendustai hasil” dll. Artinya, Allah itu bisa mengangkat derajat seseorang itu sangat mudah. Saya yakin, selain giat berlatih, Zohri juga orang yang taat dan ikhlas. Ikhlas menjalani dengan segala keterbatasan. Zohri sering berpuasa ketika tidak ada makanan. Latihan tanpa alas kaki, dll yang semua dijalani tanpa berputus asa. Selamat Zohri. (Syah.15/7/18)
Referensi : detik/kompas/Tempo/Googleweblight.

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Avatar

pastitala.org