PEMKAB TALA

Janji Saat Mencalon ADD Era Sukamta Lebihi Target

INFOTANAHLAUT.COM- Bupati Tala Sukamta mengatakan bahwa dulu saat ia mencalonkan diri sebagai bupati berjanji akan menaikkan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 50% yang sebelumnya 10% menjadi 15%, namun pada kenyataannya justru melebihi target, sebelumnya menjanjikan hanya kenaikan ADD sebesar 50%, namun realisasinya melebihi target yaitu kenaikan ADD menjadi 61%, demikian hal itu di sampaikan bupati Tala saat membuka Musrenbang tahun 2019 perencanaan tahun 2020, di aula kantor Kecamatan Pelaihari, Kamis (31/1/2019).
Bupati Tala pun mengaku tidak ingin lagi mendengar alasan desa tidak di bangun, dan juga menambahkan jika nanti APBD Kabupaten Tanah Laut naik maka ADD juga akan ikut naik.
Tahun ini Pemkab Tala menganggarkan Rp 127 milliar untuk ADD sedangkan dari Pemerintah Pusat Rp 107 Milliar yang akan di bagikan ke 130 desa yang ada di Tala. Yang dilakukan adalah salah satu bentuk perwujudan visi misi bupati Tala 2018-2023 yaitu desa di bina, dengan melakukan pembinaan pada desa-desa juga akan mempercepat pembangunan di tinhkat kabupaten, sehingga berdampak pada meningkatnya taraf hidup masyarakat Tala.
Yang tidak kalah pentingnya, kepala desa agar berhati-hati dalam mengelola dana yang besar tersebut, uang dana desa jangan di taruh di kantong atau dompet nanti merasa jadi uang sendiri, dana desa tetap di rekening desa saja, kata bupati Tala.
Bupati Tala kembali mengatakan, meminta ke Inspektorat untuk mengaudit keuangan seluruh desa pada akhir tahun, agar semuanya clear dan tidak ada permasalahan hukum di kemudian hari. ini cara untuk pembinaan desa, pengelolaan dana desa bermasalah dan tidak tepat sasaran tentu tidak di inginkan, tutupnya
Musrenbang adalah bagian dari rangkaian kegiatan program dan kegiatan pembangunan satu tahun kedepan, adalah tahapan awal proses di tahun akan datang, dari Musrenbang desa kemudian Musrenbang kecamatan serta Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran (KUA PPAS) dan, nanti menjadi APBD.
Menyusun perencanaan pembangunan yang benar-benar memenuhi hajat masyarakat. Musrenbang bukan cuma keinginan dari pihak tertentu melainkan adalah hajat hidup masyarakat, sehingga ketika sudah dilaksanakan akan di nikmati oleh masyarakat.
Perencanaan yang bisa menjawab apa yang menjadi masalah bagi rakyat, misalnya pemerintah membangun jalan pertanian untuk warga, maka hal tersebut akan memangkas biaya angkut yang di keluarkan oleh para petani.
Pada sisi lain, kepala desa dan Lurah kali ini tidak akan membawa tangan kosong ketika pulang, karena pihaknya memberikan PAGU Anggaran sebesar Rp 8.950.000.000 untuk 20 desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Pelaihari. Jadi tidak ada istilah Musrenbang adalah hal yang sia-sia.
Di bawah kepemimpinan bupati Tala Drs. H. Sukamta dengan wabup Tala Abdi Rahman S,Pd, desa di Kabupaten Tanah Laut benar-benar di bina, hal tersebut dapat terlihat sekarang dimana Bupati Tala mengambil kebijakan untuk menambah Anggaran Dana Desa (ADD) dari APBD Kabupaten sebesar 61 %.Tung

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook