PEMKAB TALA

Jantungnya IT Ditengah Ruangan Yang Tidak Layak

INFOTANAHLAUT.COM- Apa jadinya jika bekerja dalam sebuah ruang kerja yang terkesan sumpek dan berjejal dengan sejumlah barang-barang keperluan kantor,belum lagi di tambah dekat dengan peralatan elektronik yang beraliran listrik tegangan tinggi,dimana idealnya sebuah kantor harus memberikan rasa nyaman bekerja bagi pegawainya.
Akan tetapi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di bagian atau bidang Penyelenggaraan E Goverment pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Laut,suasana kerja di ruang kerja yang tidak layak suka tidak suka harus berada di ruang kerja yang sempit dan bercampur dengan ruang Network Operation Center (NOC). Pada ruang kerja bagian ini dulunya sebuah gudang milik kantor Sat Pol PP dan Damkar.
Sudah cukup sempit meja kerja para pegawainya,di tambah dengan ruang peralatan tehnologi tinggi NOC,semakin menambah sempitnya ruang kerja,dan memang di butuhkan sebuah ruang kerja yang representatif,mengingat di bidang inilah merupakan jantungnya tehnologi informasi IT Kabupaten Tanah Laut.
Kepala bidang Penyelenggaran E Goverment Zaki Yamani, Selasa (24/07/2018) mengatakan,memang Diskominfo sendiri merupakan perangkat kerja yang baru,dan sementara memanfaatkan fasilitas aset Pemkab Tala eks gudang Sat Pol PP dan Damkar berukuran kurang lebih 4×6 meter persegi,dan memang telah dilakukan sedikit perbaikan ruangan.
“lantai ruangan memang sudah di keramik,tapi ukuran bangunannya yang memang kecil dari awal,memang bisa di katakan tidak layak karena antara meja kerja satu sama lain saling berdempetan belum lagi ruang server IT yang ada sangat kecil dan dekat meja kerja,”ucapnya.
Adanya ruang Network Operation Center terang Zaki,bahwa peralatan tersebut merupakan jantungnya tehnologi informasi Tanah Laut. Tidak standar tempatnya, namun demikian tetap melayani layanan network di beberapa SKPD.
Kendati NOC yang berada di ruangan tidak layak,namun tetap dapat melayani penggunaan tehnologi ke beberapa instansi yang memang memerlukan fasilitas NOC tersebut yakni pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP),Sistem Informasi Daerah (Simda) pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),dan Simda Kelurahan Pabahanan.
NOC juga terkoneksi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM,kemudian juga fasilitas jaringan nikah online antar KUA di kecamatan pada kantor Kementerian Agama Tanah Laut. Kemudian sebagai sentral website di 40 SKPD dan 40 sekolah.
Kemudian hosting website Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Tanah Laut,server back up pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di kantor Setda Tala,karena pada pelayanan LPSE dan Diskominfo sudah terkoneksi melalui jaringan viber optic.
Zaki menambahkan,idealnya ruangan cukup luas,disamping itu menyangkut fasilitas lain seperti Tower minimal standar seperti kebanyakan tower telpon seluler,karena sementara meletakan posisi pemancar ke beberapa instansi dimaksud di atas masih ikut pada tower milik radio Pemkab Tanah Laut di samping kantor Diskominfo.
“Tidak kalah pentingnya pada SDM bidang E Govermentlkomsel,dan SDM masih terbatas,sesuai basic ilmu IT,terkait personil SDM pada bidang E Goverment Diskominfo masih di rasa kurang, saat ini tenaga Pegawai Tidak Tetap (PTT) ada 4 orang dan ASN 4 orang,”katanya.
Faktor SDM terang Zaki,terlebih menjelang di implementasikannya regulasi E Goverment oleh Pemerintah yang berbasis tehnologi dalam waktu dekat,tentu semua berangkat dari penilaian kinerja pegawai untuk menyongsong implementasi E Goverment tersebut.
Pengembangan informasi publik berbasis tehnologi akan terus di kembangkan dan rencana dalam waktu dekat di buka Simda mengenai Pengelolaan Aset Daerah yang ada di Badan Pendapatan Kekayaan dan Aset Daerah (BPKAD) Tanah Laut,dimana nantinya yang menyangkut segala aset Pemkab Tanah Laut, mulai dari mobil dinas,bangunan,tanah,peralatan kantor dapat di ketahui publik.
Sementara dalam waktu dekat akan di serahkan aplikasi Sistem Informasi Pegawai Tidak Tetap (SIPTT) yang di kembangkan oleh Diskominfo ke pihak kedua yakni Badan Pengembangan dan SDM Tala. Aplikasi tersebut merupakan data tentang tenaga pegawai tidak tetap di Kabupaten Tanah Laut.Tung

0
0%
like
0
0%
love
1
16%
haha
0
0%
wow
5
83%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook