PUBLIK

Januari Mereka Mulai Bertugas

INFOTANAHLAUT.COM-Sebanyak 33 orang anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Tanah Laut telah di lantik dan di ambil sumpah,Senin (23/12) di gedung Balairung Tuntung Pandang.
Mereka para Panwascam se Tanah Laut selanjutnya akan mengawal jalannya Pemilihan Gubernur Kalsel tahun 2020 mendatang.
Ke 33 orang Panwascam se Kabupaten Tanah Laut di lantik dan di ambil sumpah oleh ketua Bawaslu Kabupaten Tala Gunawan Rahayu. Usai di lantik,segenap anggota Panwascam itu membaca fakta integritas.
Kegiatan juga di hadiri Bambang Kusudarisman asisten pemerintahan Setda Tala yang mewakili bupati Tala H.Sukamta.
Bambang mengatakan,kalau sudah bersumpah di atas al qur’an,maka itu harus betul-betul di jalankan,Allah lah yang memilih kalian yang di lantik sebagai pengawas.
Itu adalah amanah dari Allah. Berjanji menegakkan keadilan pemilu. Jangan lihat honornya,dan jangan main-main dengan tugas ini,tutup Bambang.
Semetara itu dalam keterangan persnya,Gunawan Rahayu ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Laut mengatakan,kepada mereka di tekankan pula untuk menjaga integritas dan kredibilitas,dan tugas berakir 1 bulan pada masa Pemilu Gubernur nanti.
Menyangkut kerawanan daerah,Bawaslu Kabupaten Tanah Laut sudah menyampaikan daftar indek kerawanan pemilu kepada stake hokder terkait.
Menyangkut netralitas,money politik yang patut di tekankan kepada mereka. Panwascam kali ini beda dalam hal perekrutan di banding tahun sebelumnya, karena ada wawancara,interview dan tes komputer CAT (Computer Asist Test).
Ia menambahkan,Perbawaslu RI sudah keluarkan kode etik ke Panwascam,laporkan ke Bawaslu Kabupaten jika ada anggota Panwascam yang tidak netral,dan menyangkut Kesekretariatan di masing-masing kecamatan,sudah di anggarkan oleh Bawaslu Provinsi Kalsel yang sifatnya terpisah atau mandiri.
Hal senada juga di utarakan ketua Bawaslu provinsi Kalsel Erna Kaspyiah, diakui proses seleksi berbeda dari tahun sebelumnya,walau ada wajah lama, setidaknya bisa berbagi pengalaman dengan anggota yang baru.
Di Indonesia di anggap pelaksanaan Pemilu di akui paling rumit di dunia. Di ingatkan,ada aturan main,ada etika penyelenggara. Harus sangat paham SIMP (Solidaritas,Integritas,Mentalitas, Profesional).
Erna berharap, kepada Pemkab Tala untuk meminta ASN yang berkompeten yang bisa mendukung kerja di sekretariat Panwascam untuk pengelolaan anggaran.
Menurutnya pula,pada tanggal 23 Desember 2019 sejatinya serentak dilakukan pelantikan,namun masih ada beberapa kabupaten yang belum siap,karena masih harus melengkapi persyaratan.
Pelantikan dan pengambilam sumpah juga di hadiri perwakilan Forkopimda,KPU dan para Camat se Tala.Tung

1
33%
like
2
66%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook