PEMKAB TALA

Jelang Natura TPID Masuk Pasar

INFOTANAHLAUT.COM-Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Natura),Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tanah Laut bersama Bupati Tanah Laut H.Sukamta,Sabtu (21/12) melakulan kunjungan ke pasar Tapandang Berseri Pelaihari.
TPID dan bupati Tala kepasar tersebut dalam rangka memantau harga kebutuhan pokok.
Secara umum harga stabil walaupun ada beberapa kenaikan harga komoditas seperti bawang merah dan telor kenaikan antara Rp 1.000 sampai dengan Rp 2.000. Untuk ikan Haruan (Gabus) mengalami kenaikan sampai Rp 15.000.
Bupati Tala H.Sukamta di sela-sela kunjungan dalam keterangan persnya mengatakan,antisipasi kenaikan harga ikan Gabus,maka upaya yang akan dilakukan dengan kelompok,untuk pembesaran ikan darat seperti Gabus dan ikan Papuyu melalui Dinas Ketahanan dan Perikanan nantinya akan di koordinasikan dan bekerjasama dengan kelompok-kelompok budidaya ikan di setiap kecamatan.
Lebih lanjut Sukamta menambahkan,seperti halnya Bawang Merah harga dari Rp 2.000 sampai Rp 4.000 mengalami kenaikan,hal ini masih dalam batas wajar saat adanya momentum hari besar keagamaan. Namun kenaikan harga Bawang Merah tidak signifikan mempengaruhi harga sembako.
“Kenaikan yang wajar,relatif aman. Harga Telur naik Rp 1.000,Aman secara keseluruhan,dan Pemkab Tala secara bertahap pula akan melakukan penataan pasar agar pedagang nyaman,”kata Sukamta.
Ia menambahkan,kebutuhan pokok jadi tuntutan warga. Cadangan pangan ada di Tala menyongsong ibukota negara. Dan merencanakan membangun gudang stok seperti bawang dalam mengantisipasi permintaan melonjak pada hari-hari besar keagamaan.
Sukamta pun sempat berdialog dengan para pedagang di pasar tersebut,dan selanjutnya berkeliling di los-los pasar.
Dalam kunjungan Bipati turut di dampingi Asisten 2 Ahmad Khairin,Kadis Koperasi,UKM dan Perdagangan,Kadis Ketahanan Pangan,Kasatpol PP,kabag perekonomian pembangunan Setda Tala,Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikuktura,dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook