PUBLIK

Jika Laporan Direspon Masyarakat Semakin Percaya

INFOTANAHLAUT.COM-Aduan masyarakat terhadap pemerintahan dapat menjadi motivasi dalam hal melakukan pembenahan, sepahit apapun aduan atau laporan masyarakat harus di terima namun juga di pilah-pilah.
Sejalan itu, oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tala, Rabu (20/11) di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala menyelanggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pejabat penghubung Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).
LAPOR adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang di kelola oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi, dan Ombudsman Republik Indonesia.
LAPOR telah di tetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 3 Tahun 2015.
Saat ini LAPOR telah terhubung dengan Kementrian/Lembaga di Pemerintah Pusat dan juga di manfaatkan oleh Pemerintah Daerah dalam mengelola aspirasi dan pengaduan masyarakat.
Pada kegiatan itu peserta sebanyak 84 orang, dimana 1 orang pejabat penghubung (Sekrataris pada SKPD) dan 1 orang admin pengelola dari tiap SKPD seperti RSUD, dan PDAM.
Kegiatan di buka Safarin asisten 3 bidang administrasi umum Setda Tala. Safarin menekankan, di harapkan segala permasalahan pelayanan publik bisa secepatnya di atasi, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dapat meningkat.
Pada kegiatan di hadirkan nara sumber Narsum Chairun Ni’mah kasi pengelolaan opini publik Diskominfo provinsi Kalsel.
Dalam paparannya Chairum mengungkapkan, dengan aduan yang masuk melalui Lapor, bisa sebagai rekomendasi ke pimpinan, contoh sederhana karena banyaknya masyarakat yang antri menunggu di sebuah kantor pelayanan publik, lalu kepanasan, maka kipas angin yang ada perlu di ganti AC. Manfaat pengaduan bagi kepala daerah sebagai pengambil keputusan. Lapor juga bisa sebagai legitimasi politik bagi kepala daerah yan mau mencalon lagi.
“Berawal dari pengaduan masyarakat yang di respon, maka masyarakat semakin percaya dengan pemerintah. Dengan Lapor juga terbangun sistem transparan. Manfaat bagi pengguna layanan (masyarakat) merasa di hargai, dan terbangunnya komunikasi serta sebagai kajian untuk memperbaiki kualitas pekerjaan,”paparnya.
Pada kegiatan di lanjutkan dengan tanya jawab, dan turut di hadiri Kadiskominfo Tala Rudi Ismanto.
Dari data Lapor di Kabupaten Tanah Laut, paling banyak lapoaran ke Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) yang menyangkut infrastruktur.
Aduan lainnya juga ada pada pelayanan seperti rumah sakit, Disdukcapil daj ada juga mengenai PDAM.
Bagi masyarakat yang ingin melaporkan ke Pemkab Tala ada 3 cara.
SMS dengan format : LAPORKTA Isi Aduan Kirim ke : 1708. Twitter dengan Mention @laporKTA atau dengan Hashtag #LAPORKTA, Website : www.lapor.go.id
Untuk di ketahui, Se regional Kalimantan Kabupaten Tanah Laut masuk dalam pengelola Lapor terbaik dari 18 kabupaten kota yang di pilih terbaik.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook