PEMERINTAHAN

Jorong Dan Panyipatan Pilot Porject Penataan Suaka Margasatwa

INFOTANAHLAUT.COM- Untuk memudahkan dalam pengawasan dan penataan Suaka Margasatwa, maka di pilihalah 2 kecamatan di Kabupaten Tanah Laut, yakni Kecamatan Jorong dan Kecamatan Panyipatan sebagai pilot project dalam penataa \n di maksud.
Sejalan itu, Kamis (20/7)di aula Barakat kantor Setda Tala di bahas dan dilakukan konsultasi publik penataan blok pengelolaan suaka margasatwa Pelaihari Tanah Laut, yang di pimpin wakil bupati Tala H Sukamta.
Suaka margasatwa berada di 2 kecamatan yakni Kecamatan Panyipatan dan Kecamatan Jorong yang berada di 5 desa, yakni Desa Batakan, Kandangan Lama, Alur, Sabuhur, Jorong dan Swarangan. Pengelolaannya sendiri akan berada di Resort KSDA Suaka Margasatwa Pelaihari.
Menurut wabup H Sukamta, pada dasarnya Pemerintah Kabupaten Tanah Laut sangat mendukung dengan adanya suaka margasatwa Pelaihari ini. Tentu selain bermanfaat dalam menjaga keseimbangan ekosistem kedepannya.
“ pada jangka panjang, agar nantinya dapat memberikan masa depan yang lebih baik untuk anak cucu kita, sebagai media edukasi serta dengan adanya suaka ini memiliki nilai ekonomi yang baik untuk rakyat”, kata Sukamta.
Keberadaan penataan suaka margasatwa itu saat sekarang telah di kerjakan oleh BKSDA, dan tahapan selanjutnya di sosialisasikan ke masyarakat.
Ada yang di sebut dengan blok rehabilitasi dan blok khusus. Blok rehabilitasi sendiri artinya kawasan yang sudah mengalami kerusakan sehingga di perlukan rehabilitasi (perbaikan), sementara blok khusus yakni kawasan yang sudah ada di huni masyarakatnya.
Pada kondultasi publik tersebut turut pula di hadiri Forkominda Tanah Laut, BPSKL wilayah Kalimantan, BPKH wilayah V Banjarbaru, BP2 LHK Banjarbaru, BPDAS-HL Barito, perwakilan Fakuktas Kehutanan ULM, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut. Camat Jorong dan camat Panyipatan, kepala desa dan tokoh masyarakat di desa yang masuk dalam pilot project suaka margasatwa.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook