PUBLIK

Jorong Port Hibah Lahan Tuk Akses Pelabuhan

INFOTANAHLAUT.COM- Untuk mendukung program nasional terhadap pengembangan kawasan industri, yang embrionya di mulai dengan membangun pelabuhan, PT. Jorong Port Development (JPD) menyerahkan lahannya seluas 5 hektar di kawasan Swarangan Kecamatan Jorong guna akses menuju pelabuhan.

Hibah lahan tertuang dalam kontrak kerjasama atau Naskah Kesepahaman (Memorandum Of Understanding) yang di tandatangani langsung oleh bupati Tala Bambang Alamsyah bersama Direktur PT. Jorong Port Develompent H.Wishnu Soeharjo,B.Sc,SH,MBL, Senin (9/10) di lantai dua kantor Setda Tala sebelum pelaksanaan copy morning oleh kepala SKPD.

Sebelum dilakukan penandatanganan naskah hibah lahan, di sajikan visual mengenai perkembangan dan kondisi terkini di kawasan yang telah di tetapkan sebagai pelabuhan dengan narasi visual di sampaikan kepala Dinas Perhubungan Tala Andreas Evony.

Dalam ruang lingkup kesepahaman tersebut di fokuskan terlebih dahulu untuk mensukseskan pembangunan pelabuhan Pelaihari/Swarangan dan kawasan industri, selanjutnya mengenai pokok kerjasama di atur lebih lanjut dalam perjanjian kerjasama dengan BUMD Tanah Laut.

Sementara itu tugas dan tanggung jawab PT.JPD beserta grupnya yakni memberikan dukungan kepada Pemkab Tala terhadap kelancaran pembangunan pelabuhan Swarangan serta kawasan industri. Kemudian bersedia memberikan hibah lahan ke Pemkab Tala untuk pembangunan akses jalan menuju pelabuhan. PT.JPD juga bersedia melakukan kerjasama dengan BUMD, termasuk PT.JPD memprioritaskan rekruitmen tenaga kerja dari lokal dalam melaksanakan operasionalnya. Kemudian, PT. JPD juga memberikan kesempatan bagi sekolah perguruan tinggi dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Tanah Laut untuk melakukan transfer ilmu dan keterampilan melalui magang.

Tanggung jawab lainnya bagi PT.JPD yakni berkomitmen melaksanakan Coorporate Social Responsilbility (CSR) kepada masyarakat di Kecamatan Jorong secara khusus dan Kabupaten Tanah Laut secara umum, baik itu mandiri maupun melalui Forum CSR Tanah Laut.

Sementara tugas dan tanggung jawab bagi Pemkab Tanah Laut memfasilitasi dan menjamin kelancaran pihak kesatu dalam memperoleh setiap perijinan yang di butuhkan sebelum dan pada saat pembangunan dilaksankan, yang penerbitannya menjadi kewenangan Pemkab Tala serta memastikan bahwa seluruh perijinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian juga, PT.JPD beserta grupnya dalam melakukan kerjasama dengan BUMD, dalam pengelolaan dan pengembangan pelabuhan Pelaihari Swarangan dan kawasan industri Jorong setelah di penuhinya seluruh perijinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Usai penandatanganan naskah hibah lahan, bupati Tala Bambang Alamsyah dalam konfrensi persnya mengatakan, Alhamdulillah program dari pemerintah pusat mengenai kawasan industri dan pelabuhan Jorong sudah di mulai pengerjaannya. Di akhir bulan September tadi dari Kementerian Perhubungan telah membangun pelabuhan Jorong dengan nilai investasi sebesar Rp 17 millliar.

“ini menunjukan bahwa apa yang sudah di rencanakan beberapa waktu terakhir ini, apa yang harus di siapkan dari Pemkab Tala beberapa tahun terakhir sudah bisa dilaksanakan. Dan dari tahapan pekerjaan tersebut adanya Mou dengan PT.JPD yang di dalamnya ada beberapa klausul kerjasama selain hibah lahan tersebut,” jelas Bambang.

Bambang menambahkan, dari berbagai sisi kelak kerjasama dilakukan dan bermitra dengan PT.JPD, di samping adanya keterlibatan perusahaan daerah di dalam kerjasama nantinya. Secara professional Pemkab Tala membuka dan terbuka bagi PT. JPD untuk melalukan investasi-investasi di kawasan industri tersebut.

Di tempat yang sama pula Dirut PT.JPD Wishnu Soeharjo mengatakan, Mou menjadi kerangka acuan untuk kedepannya bekerjasama kalau sudah ada Perusda.

“kerjasama dengan Pemkab Tala ini bisa jadi percontohan, mulai dari pemerintah pusat, swasta dan terutama ke Pemerintah Daerah, dan konsentrasi investasi hanya di Tanah Laut khsusunya di Kecamatan Jorong, dan menyangkut perijinan-perijinan lain yang terkait di pusat dalam tahap proses pengurusan, dan berharap semua bisa cepat, maka cepat pula membangun kawasan industri ini.

Akses jalan selanjutnya oleh dinas terkait di Kabupaten Tanah Laut secar bertahap dilakukan pembangunan.

Hal senada di utarakan kepala bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Myrza Fazrina mengatakan, Sebagai bentuk pelayanan yang di berikan kepada publik oleh Pemkab Tanah Laut di seputar pembangunan kawasan pelabuhan dan insdustri, utamanya yang ingin mengetahui tentang kondisi dan gambaran akses jalan pelabuhan dapat di akses pula di website puprp.tanahlautkab.go.id.

Obsesi Pemkab Tanah Laut untuk membangun kawasan Jorong sebagai kawasan industri merupakan sinergi dengan program nasional yakni kawasan strategi nasional.Tung

0
0%
like
0
0%
love
1
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook