WISATA

Juri Internasional Bakal Nilai Lomba Anggrek

INFOTANAHLAUT.COM- Di motori oleh Pecinta Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Tanah Laut yang masih dalam rangkaian hari jadi Tala ke 52, Kabupaten Tanah Laut menjadi tuan rumah pelaksanaan lomba anggrek tingkat nasional, bahkan jurinya pun berkelas internasional.

Salah satu peserta anggrek terjauh yakni dari provinsi Papua juga di kabarkan ikut dalam lomba tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Tala Akhmad Khairin, Kamis (7/12) mengatakan, dari registrasi peserta yang ikut dalam lomba anggrek ini yakni dari provinsi Papua, Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kaltim dan Kalsel. Tempat pelaksanaan lomba anggrek mengambil lokasi di RTH Kijang Mas Permai.

“hari Jum’at merupakan tahapan persiapan, selanjutnya pelaksanaan lomba sampai hari Minggu (10/12) yang sekaligus penentuan siapa yang berhak tampil sebagai juara. Para dewan juri juga yang berkelas internasional di datangkan, 2 orang juri dari Indonesia dan 1 orang juri dari Filipina,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada Minggu pagi merupakan seremoni kegiatan, dan akan di hadiri dari Rita Subowo selaku ketua DPP PAI dan Sekjennya, serta dari DPC PAI DKI Jakarta.

Di lomba itu ada beberapa jenis yang di lombakan yakni landscape (taman anggrek), lomba bunga anggreknya sendiri, lomba merangkai anggrek, aransement (miniatur anggrek), kemudian ada duta anggrek, putri anggrek, lomba membuat kain Sasirangan motif anggrek, dan foto bersama anggrek. Melengkapi kegiatan itu juga dilakukan seminar tentang anggrek dengan nara sumbernya Novianto dari Jakarta yang lokasinya di sekitar tempat lomba dengan menggunakan tenda ukuran besar milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala.

Lebiih lanjut di katakana Khairin, tujuan dari lomba ini agar PAI di Tala secara khusus dapat di kenal dan memasyarakat sehingga pada akhirnya terjadi pelestarian dan perlindungan terutama bagi keberadaan anggrek di daerah Tanah Laut sendiri.

“sepintas bagi orang mungkin memandang bunga anggrek adalah seperti layaknya tanaman atau bunga-bunga pada umumnya, tapi justru di bunga anggrek tersebut ternyata memiliki nilai ekonomis dan harganya mencapai jutaan rupiah. Awalnya lomba anggrek di gelar atas adanya inisiatip dari Hj.Jumini Adriansyah isteri mantan bupati Tala Drs.H.Adriansyah karena anggrek Tanah Laut sudah sering ikut event di beberapa provinsi bahkan sampai ke Cina dan Thailand, maka saatnyalah Tanah Laut menjadi tuan rumah pelaksanaan, serta sebagai media promosi daerah ini ke nasional dan internasional,” papar Khairin.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook