PUBLIK

Kabel PLN Berjuntai Dari Pohon Ke Pohon

INFOTANAHLAUT.COM- Kabel-kabel listrik yang menuju rumah warga khususnya di Desa Guntung Besar Rt 4 Kecamatan Pelaihari berjuntai atau hanya di sangkutkan dari pohon kepohon saja, dan hanya dengan ketinggian kurang lebih 1 sampai 2 meter dari permukaan tanah.Kondisi demikian sudah berlangsung selama kurang lebih 2 tahun, kabel-kabel listrik PLN tersebut berada di pohon.
Di Rt 4 sendiri ada terdapat sekitar 10 Kepala Keluarga (KK). Memang ada tiang beton listrik yang terpasang di awal jalan masuk ke Rt 4, namun setelah itu kabel-kabel litsrik hanya di sangkutkan di pohon-pohon.
Ancamannya, jika sewaktu-waktu keberadaan pohon-pohon yang ada kabel listrik tersebut tumbang, maka akan sangat membahayakan warga yang melintas, termasuk anak-anak sekolah SD yang lewat jalan tersebuut, tegangan listrik bisa mengancam keselamatan warga yang melintas.
Sebagian kabel listrik memang tidak hanya di pohon, namun ada pula yang di buatkan dari tiang kayu. Tiang kayu itupun terlihat tidak seberapa kuat, dan sewaktu-waktu bisa roboh entah karena oleh angin atau memang sudah lapuk.
Jumansyah ketua Rt 4 menuturkan, warga berharap adanya tiang listrik yang permanen dari PLN, masyarakat juga merasa khawatir dengan keadaan seperti itu, karena itu aliran listrik.
“warga pun untuk bisa merasakan listrik harus beli kabel sendiri dari ujung jalan yang ada tiang listrik beton, dan dari tiang ke rumah sejauh kurang lebih 1 km dengan kabel ukuran standar saja, tapi kalau warga ada yang mampu, maka beli kabelnya yang lebih bagus dari standar,” ungkapnya.
Namun alangkah baiknya di buatkan tiang yang permanen dari PLN, agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, kata Jumansyah pula.
Hal serupa di utarakan Marjuni di Rt 4. Warga yang mampu bisa beli kabel listrik yang agak besar, begitu sebaliknya yang tidak mampu hanya kabel kecil.
“kalau malam hari sinar lampu masih belum terang entah apa sebabnya, dan untuk rumah saya kilometer listrik ikut di rumah tetangga. Jadi yang pas PLN bisa memasang tiang-tiang listrik karena sejak awal pihak PLN juga yang menyangkutkan di pohon-pohon walau masyarakat yang memohon minta pasangkan listrik,” ungkapnya.
Atas kondisi demikian, Manajer PLN Pelaihari Presly Silaen, Selasa (6/2) di konfirmasi mengatakan, pihaknya berterima kasih atas informasi dari masyarakat tentang kondisi kabel-kebel di pohon tersebut.
“memang kondisi tersebut sangat membahayakan, secepatnya anggota akan turun kelokasi berkomunikasi dengan masyarakat, keluhan dan komplain apa yang ada di masyarakat. Tentunya hal ini akan di sampaikan ketingkat atas lagi, kalau memang kondisinya masih dalam kewenangan PLN Pelaihari pasti di tindak lanjuti, namun jika kewenangan yang lebih atas lagi hal itu pun segera di sampaikan,”ucapnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook