KRIMINALITAS

Kabel Tembaga PJU Marak Dicuri

INFOTANAHLAUT.COM-Aksi pencurian terhadap kabel-kabel berbahan tembaga untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalur Gunung Kayangan mulai marak, al hasil lampu-lampu penerang jalan pun tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya.
Kabid tata kota dan kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKWLH) Kabupaten Tanah Laut Arief Setyawan,ST Rabu (3/10/2018) mengatakan, kabel-kabel berbahan tembaga yang di tanam dalam tanah itu di duga kuat di curi, karena di lihat dari hasil potongan kabel nampak seperti menggunakan alat potong kabel.
“PJU di wilayah Gunung Kayangan mulai dari jalur masuk dari arah Banjarmasin hingga sampai patung sapi banyak yang mati, kabel bawah tanah dari tembaga hilang, begitu pula kabel-kabel PJU di Jalan Hutan Kota juga sebagian hilang termasuk PJU di daerah Sarang Halang mati sebelumnya dan kini sudah dilakukan perbaikan, jadi kalau ada warga yang komplain kenapa lampu-lampu jalan tidak menyala,maka begitulah kondisinya,”kata Arief.
Solusi untuk tidak kembali di curi orang, pada kabel-kabel tersebut di pindah keatas agar supaya aman, karena kalau kabel berada di bawah tanah rawan hilang kembali, ucap Arief pula.
Tidak menyalanya sejumlah lampu-lampu jalan tersebut adanya laporan dari petugas PJU. Petugas PJU sendiri wajibnya memakai baju lapangan khusus. Di khawatirkan para pencuri kabel-kabel tersebut menggunakan seragam yang mungkin mirip dengan seragam PJU yang memang dari DPRKPLH, jadi bila warga melihat dan mengira petugas PJU tengah berada di tiang-tiang lampu penerang jalan tidak ada salahnya menanyakan apakah benar petugas dari DPRKPLH atau kalau perlu memotonya.
“Dari pengalaman pagi di benahi akan tetapi pada sore hari kabel-kabel berbahan tembaga tersebut sudah hilang dan sendiri terputus secara rapi,”tutup Arief.
Tidak semata ulah tangan-tangan terampil dalam memutus kabel-kabel tembaga untuk lampu jalan umum, di dalam kota sendiri seperti kursi yang berada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) juga mengalami nasib yang sama dengan kabel tembaga, begitu pula ikut merembet ke kembang-kembang juga terkesan habis di cabut.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook