BENCANA

Kapolsek Muda Itu Ikut Padamkan Api

INFOTANAHLAUT.COM- Musibah kebakaran lahan yang terjadi pada pukul 13.00 wita pada Selasa (17/07/2018) di Desa Pulau Sari Rt 1 Kecamatan Tambang Ulang atau berjarak kurang lebih 2 km dengan balai desa setempat,membuat Kapolsek Tambang Ulang IPTU Syarwani Pasha,SH harus ikut langsung memandamkan kobaran api yang membakar lahan di tumbuhi tanaman Bondong atau biasa di sebut lahan Bondong.
Kapolsek Tambang Ulang IPTU Syarwani Pasha yang masih mengenakan seragam dinas kepolisian itu memimpin pemadaman api bersama 10 orang personilnya dan unit pemadam lainnya seperti Damkar Sat Pol PP,BPBD Tala,Manggala Agni,2 orang dari TNI Posramil Tambang Ulang dan masyarakat setempat. Mereka saling berusaha memadamkan kobaran api dari berbagai penjuru agar tidak meluas,karena dilokasi titik api terdapat perkebunan kelapa sawit dan juga perkebunan karet.
Moncong selang pipa dari mobil pemadam kebakaran pun di arahkan ke titik api.
Kapolsek Tambang Ulang IPTU Syarwani Pasha usai pemadaman api saat di hubungi mengatakan,pemadaman api juga mengunakan peralatan penyemprot tanaman di pinggang (Solo) sebanyak 5 buah dan Kompyok (alat pukul api). Untungnya ada bekas galian yang menampung air,sehingga cukup membantu manakala mesin portable pun di bawa masuk ke dalam lokasi,kendati kondisi medan yang tidak bisa di lewati roda empat,maka para petugas pemadam harus berjalan kaki menuju titik api dan sebagian menggunakan motor trail.
Kencangnya tiupan angin membuat api sempat membesar,dan efek dari kebakaran lahan tersebut membuat kepulan asap tebal yang cukup pekat hingga jarak pandang pun sangat terbatas dan asap sendiri mengarah ke Kecamatan Bati-Bati.
“Api dapat di padamkan sekitar pukul 17.30 wita,dan di perkirakan seluas 4 hektar lahan terbakar yang terdiri dari 3 hektar lahan Bondong dan 1 hektar lahan kelapa sawit milik perorangan,”ucap Kapolsek Tambang Ulang.
Ia menambahkan, memang awalnya terlihat kepulan asap kecil,namun lama kelamaan asap kian menebal dan di sertai dengan kobaran api. Melihat bakal ada gejala terbakarnya lahan,maka segera di hubungi pihak pemadam kebakaran,dan berkat koordinasi yang baik antara petugas pemadam dan warga api dapat di padamkan,”terangnya.Tung

5
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.