PEMKAB TALA

Karakteristik Kecamatan Untuk IKM Harus Disesuaikan

INFOTANAHLAUT.COM-Setelah hadirnya gedung Sentra Pusat Industri Kecil Menengah (IKM) Sasirangan di Kecamatan Tambang Ulang yang diresmikan oleh Bupati Tala H.Sukamta belum lama tadi,maka Pemkab Tala berharap gedung-gedung sentra atau pusat bagi IKM ditiap-tiap kecamatan juga bisa dibangun.
Bupati Tala H.Sukamta belum lama tadi mengatakan,tiap kecamatan sudah pasti berbeda karakteristiknya sehingga jelas tidak akan sama.
Kalau di Kecamatan Tambang Ulang sampai ke Kecamatan Bati-Bati yang lebih cenderung produk IKM nya kain Sasirangan yang harus disiapkan dulu tempatnya.
“Kalau seumpama dibangun di Kecamatan Panyipatan tentu karakteristiknya beda,dimana pada Kecamatan Panyipatan produknya lebih banyak hasil olahan ikan laut,sehingga bisa dibangun sentra IKM makanan hasil olahan laut,pendek kata ada klaster-klaster sendiri tiap kecamatan,”jelas Sukamta.
Terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tala Masturi Rabu,(19/2) mengungkapkan,untuk pengrajin kain Sasirangan di Kecamatan Tambang Ulang ada 15 orang. Gedung sentra IKM Sasirangan sendiri difungsikan bukan hanya IKM Craft (kerajinan tangan),tetapi IKM pangan juga boleh,sepanjang IKM pangan yang masa konsumsinya diatas 1 minggu.
Lebih lanjut Masturi mengatakan,untuk pemasaran produk kerajinan seperti Sasirangan merekak sudah tergabung di Asosiasi Eksportir dan Produsen Handy Craft Indonesia BBC Tanah Laut. Secara internal mereka para pelaku IKM punya strategi sendiri untuk pemasaran,dan dalam forum itu saling berbagi pengalaman,informasi,pemasaran dan bahkan menjaring dengan komunitas pengajin lainnya di beberapa daerah diluar Kalsel,jelasnya.Tung

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook