Karena Kecelakaan Pemkab Bojonegoro Tidak Ikut Tala Exspo – infotanahlaut.com
PEMKAB TALA

Karena Kecelakaan Pemkab Bojonegoro Tidak Ikut Tala Exspo

INFOTANAHLAUT.COM-Tala Exspo 2018 yang merupakan kegiatan tahunan dalam rangka hari jadi Kabupaten Tanah Laut dan kali ini kegiatan tersebut kembali di gelar dalam rangka hari jadi Tala yang ke 53. Sejatinya Tala Exspo akan di ikuti oleh Kabupaten Bojonegoro provinsi Jawa Timur, namun karena dalam perjalanan menuju kota Surabaya mengalami kecelakaan, maka mereka pun batal mengikuti Tala Exspo, demikian kepala dinas koperasi, UKM dan perdagangan Tala Raffiki Effendi dalam laporannya sebelum Tala Exspo 2018 di buka oleh bupati Tala H.Sukamta.
“Tala exspo juga menjadi wadah promosi bagi produk unggulan daerah maupun dunia usaha,”kata Raffiki.
Tala exspo di buka bupati Tala H.Sukamta dengan pelepasan balon ke udara dan pemotongan pita oleh ketua TP PKK Tala Hj. Nurul Hikmah Sukamta, Sabtu (1/12/2018) kemarin.
Tala Expo sendiri diikuti oleh 47 stand dari instansi pemerintahan lingkup Kabupaten Tala mencakup pula sampai seluruh kecamatan dan 5 kelurahan, dan di tambah 12 dari instansi vertikal, sekolah sebanyak 2 buah, perusahaan swasta 21 buah. Kemudian dari pIihak Perbankan ada 3 peserta, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 70 buah, dan 3 dari Pemprov Kalsel yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, UPT Dinas Kehutanan, serta Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru.
Pemkab Tanah Laut sebelumnya membuka pasar rakyat di halaman stadion Pertasi Kencana, kini pasar rakyat di semarakkan dengan Tala Exspo 2018 yang lokasinya berdekatan dengan pasar rakyat. Di pasar rakyat sendiri di ikuti 78 pedagang yang menempati tenda dan 160 pedagang yang non tenda, dimana 80 persen adalah pedagang dari Tanah Laut.
Raffiki Effendi mengatakan, pengunjung di pasar rakyat di harapkan Buyer Trade dan Investasi dari luar daerah dan menjadi harapan pula terjadi pergerakkan uang yang akan pula menjadikan pergerakan perekonomian di Kabupaten Tanah Laut.
Tala exspo sendiri berlangsung sampai tanggal 5 Desember 2018 Dalam Tala exspo pun di manfaatkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Pelayanan yang di buka yakni menyangkut administrasi kependudukan serta ada pelayanan kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan Tala.
Sementara itu bupati Tala Drs. H. Sukamta sebelum membuka mengatakan, Tala Expo juga dapat menjadi sarana untuk mengintegrasikan promosi produk unggulan lokal serta publikasi keberhasilan pembangunan.
“Berharap agar para pelaku UKM lebih terpacu untuk maju, dan para investor dapat berinvestasi di Tala, sehingga perekonomian Tala akan maju. Dengan membuka akses teknologi dan promosi, optimis bahwa Tala bisa, sehingga kesejahteraan akan terwujud di bumi Tuntung Pandang ini” tutupnya.
Dengan pelepasan balon oleh bupati Tala sebagai pertanda Tala Exspo di buka di samping pemotongan pita oleh ketua TP PKK Tala Hj. Nurul Hikmah Sukamta.
Usai membuka, baik bupati dan wakil bupati Tala Abdi Rahman serta jajaran SOPD mengunjungi satu persatu stan yang ada. Dalam stand yang di kunjungi bupati dan wakil bupati pun mendapat penjelasan dari maksud dari materi yang di pajang di stand.
Yang menarik, di stand Museum Lambung Mangkurat di pajang sejumlah benda-benda yang berhubungan langsung dengan sejarah Kabupaten Tanah Laut pada masa penjajahan Jepang yang dilakukan oleh pejuang-pejuang di daerah Batakan Kecamatan Panyipatan. Beberapa benda-benda bersejarah di antaranya bendera merah putih yang sudah kusam warna merahnya, peci para pejuang, senjata rakitan, pisau, sampai peluru dari batu serta selongsong granat milik tentara Jepang.
Tidak ketinggalan, bupati dan wakil bupati juga mengunjungi stand Kodim 1009 Pelaihari yang memajang sejumlah senjata-senjata TNI produkai Pindad. Baik bupati maupun wakil mencermati senjata-senjata berlaras panjang tersebut, termasuk ada pelontar mortir.
Pembukaan Tala Exspo turut di hadiri ketua DPRD Tala Hariyanto, Sekretaris Daerah (Sekda) Tala Drs.H.Syahrian Nurdin, jajaran pimpinan SOPD,Forkopimda serta pimpinan perusahaan.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook