PEMERINTAHAN

Kawasan Industri Dan Pelabuhan Prioritas Utama

INFOTANAHLAUT.COM-Terhadap program pembangunan di Kabupaten Tanah Laut di tahun 2018 mendatang lewat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kabupaten belum lama tadi, telah menghasilkan beberapa point yang di sampaikan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala yakni, implementasi money follow program yang terdiri dari menajamkan prioritas daerah dengan 10 program prioritas, memastikan pelaksanaan program atau dengan pengendalian yang dilakukan sampai ke level proyek, menajamkan integritas sumber pendanaan (belanja APBD, belanja non APBD). Dan di tahun 2018 pembangunan fokus pada 7 isu strategis yakni, pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, kualitas pendidikan, percepatan pembangunan kawasan insdutri, kawasan pelabuhan, kawasan pariwisata dan fasilitas penunjangnya, serta pertanian berikut penunjangnya. Kemudian di wilayah kecamatan juga mempunyai isu strategis yang berbeda, dimana ada sebanyak 254 usulan, dan yang di setujui sebanyak 147 usulan yang selanjutnya akan menjadi prioritas Perangkat Daerah.
Di teruskan terkait adanya lahan untuk kawasan prioritas di Kecamatan Jorong (kawasan industri), oleh bupati Tala Bambang Alamsyah memberikan tenggang waktu 2 minggu untuk Kementerian Perhubungan mengakomodir masalah pembebasan lahan berdasarkan Perpres.
Di lembaga vertikal seperti Polres Tala ada beberapa point yakni perlunya digital security berupa pemasangan CCTV di lokasi yang di anggap rawan tindak kejahatan dengan maksud memudahkan monitoring keamanan, khususnya saat Pilkades maupun Pilkada, serta perlunya mobil patrol di lokasi wisata di Polsek tertentu, termasuk pembangunan asrama untuk perwira di tanah SHM milik Polres Tala.
Begitu pula dari Kodim 1009 Pelaihari yang mempunyai sebidang tanah, namun untuk di bangunkan gedung aula serba guna.
Kepala Bappeda Tala Ahmda Nizar, Kamis (30/3) mengatakan, ada beberapa data yang harus di sesuaikan, dan membangun Tanah Laut merupakan bagian integral provinsi Kalsel, karena dalam RPJM ada 8 kegiatan yang ada di Tanah Laut yang juga harus di dukung Pemprov Kalsel.
“ada pula kewajiban nasional yang harus di sinkronkan oleh Pemprov Kalsel yakni pembangunan jalan akses ke pelabuhan Swarangan di Kecamatan Jorong, dan tema dari RKPD 2018 menjadi daerah industri dan pelabuhan, di harapkan Pemprov dapat mengakomodirnya,” jelas Nizar.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook