PENDIDIKAN

Kebun Asimilasi Rutan Digandrungi

INFOTANAHLAUT.COM- Kebaradaan kebun sayur-sayuran yang ada di rumah tahanan kelas IIB Pelaihari rupannya di gandrungi siswa Taman Pendidikan (TK). Senin (28/1/2019) kebun asimilasi tersebut kedatangan sahabat cilik dari TK Bina Ilmu Sarang Halang Pelaihari.
Para siswa TK tersebut turut di dampingi para guru-gurunya. Kunjungan ke kebun terang Rosmawati guru TK menyebutkan, agar sejak usia dini di kenalkan secara langsung berbagai macam sayur dan tanaman yang di tanam.
“Berkebun adalah sarana yang sangat baik untuk mengasah kepekaan dan kecintaan anak terhadap lingkungan hidup, karena ia akan mengamati secara langsung cara kerja alam. Menanam benih dan melihat benih tumbuh adalah salah satu hal yang memberikan manfaat besar bagi kehidupan, terutama jika yang di tanam adalah tumbuhan yang bisa di makan, selain lebih sehat juga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi jiwa. Pada saatnya anak-anak akan belajar mencintai tanaman mereka dan menghargai kehidupan di dalamnya,”beber Rosmawati.
Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Pelaihari Muhammad Fahrurrazi menyambut baik kedatangan sahabat cilik dari TK Bina Ilmu tersebut.
“Ini sebagai edukasi untuk memahami cara berkebun sejak anak-anak, bisa memberi kesempatan pada anak untuk bermain dan mengeksplorasi di kebun, berarti membukakannya pintu lebih lebar terhadap dunia,”ucap Fahrurazi.
Ia menambahkan, mengajarkan pada anak-anak TK untuk dekat dan lebih mencintai alam. Apalagi sudah sejak dini di kenalkan dengan alam sesuai dengan tingkat pemahamannya, maka anak akan lebih memahami dan mencintai berkebun.
Mengenalkan cara berkebun kepada pada usia dini akan lebih bermanfaat jika berinteraksi langsung dengan alam dan ekosistemnya. Selain membantu pengembangan intelektualitas anak dan kemandirian, terjun langsung dengan alam, juga akan meningkatkan hubungan sosial, membantu anak lebih percaya diri, meningkatkan kemampuan pandang dan sudah tentu akan menyehatkan anak, tutup Rosmawati pula.
Para siswa TK selanjutnya mencermati sejumlah tanama-tanaman seperti bayam, jagung, lombok dan yang lainnya.Tung

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook