RUTAN TALA

Kebun Warga Binaan Rutan Panen

INFOTANAHLAUT.COM-Setelah beberapa bulan lewat di tanam berbagai macam jenis tanaman buah dan sayuran, akhirnya kebun asimilasi yang berada di samping kanan bangunan Rutan Kelas 2B Pelaihari pun panen.
Beragam buahan seperti tomat, terong unggu dan ketimun serta sayuran sawi, Kamis (27/6/2019) panen.
Panen dilakukan beberapa orang warga binaan di kebun asimilasi bersama kepala rutan kelas 2B Budi Soeharto.
Kebun asimilasi sendiri cukup luas, sebelumnya hanya di tumhuhi rumput-rumput liar, namun setelah di manfaatkan lahan sisa dari bangunan tembok tinggi rutan, maka dapat menghasilkan sesuatu seperti buahan dan sayuran.
Beberapa jenis buah-buahan lainnya yang di tanam dan masih belum panen seperti buah naga, semangka dan pepaya. Sementara tanaman lain seperti laos dan singkong juga masih hidup subur.
Kepala rutan kelas 2B Budi Soeharto di sela-sela panen mengatakan, Alhamdulillah untuk panen di kebun asimilasi seperti terong baru ke tiga kali berhasil panen, karena sebelumnya mengalami gagal lantaran serangan hama. Belajar dari kegagalan pertama dan kedua, maka akhrinya dapat berhasil panen.
Ia menambahkan, panen lainnya seperti tomat, ketimun dan sawi juga bisa di petik. Kondisi cuaca sekarang hujan jarang turun, maka di bantu dengan penyiraman yang rutin dilakukan bagi warga binaan yang mendapat tugas merawat kebun.
“Untuk sementara hasil panen penjualannya masih melibatkan masyarakat, tidak semuanya di masukan ke kantor, khususnya di jual kepada pengunjung yang membesuk warga binaan rutan, dan menyangkut harga di usahakan di bawah harga pasar. Bagi warga binaan yang menjaga kebun pun terdiri dari mereka yang hanya dalam hitungan bulan akan bebas,”jelas Budi.
Kegiatan kemandirian oleh rutan kelas 2B tidak semata hanya pada berkebun, tapi juga ada keterampilan tangan dengan membuat kapal, rumah adat miniatur juga termasuk adanya pengelolaan peternakan berupa Itik petelur dan sapi.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook