PUBLIK

Kecamatan Bajuin Dilanda Bencana

INFOTANAHLAUT.COM-Hujan deras yang turun sejak Rabu (25/1) malam kemarin, membawa akibat banjir di sejumlah tempat khususnya di Kecamatan Bajuin yang cukup parah hingga membawa kerusakan fasilitisa publik berupa jalan yang putus, dan jembatan yang mengalami kerusakan.

Kawasan Kecamatan Bajuin yang memang terdapat banyak pegunungan salah satunya banjir bandang yang mengantam perumahan warga Desa Sungai Bakar jalan Goa Marmer di Rt 5, dimana salah satu rumah yakni rumah Kusasi hanyut terbawa arus air banjir bandang yang datang dari pegunungan, hingga rumahnya hilang dari posisi semula, dan hanya tertinggal pondasi rumah.

Puing-puing bangunan dan peralatan rumah tanggal Kusasi pun kesana kemari. Dari pantauan langsung kelokasi, Kamis (26/1) tidak semata hanya rumah Kusasi yang menjadi sasaran banjir bandang, sejumlah rumah warga lainnya pun terkena dampak banjir bandang, bahkan ada sebuah sepeda motor yang di penuhi dengan lumpur dan rerumputan.

Di perumahan warga sendiri hingga sampai kedalam rumah lumpur bawaan banjir bandang terdapat di seluruh ruangan.

Pasca banjir bandang yang datang pada Kamis dini hari sekitar pukul 20.00 wita itu pun juga membuat sebuah jembatan box curvet di Desa Sungai Bakar ikut rusak. Pada bagian pondasi jembatan pun menganga lobang cukup lebar.

Warga yang melintasi jembatan dengan roda dua pun harus ekstra hati-hati karena adanya lobang mengangga akibat banjir bandang.

Selain jembatan yang menjadi rusak, banjir bandang juga merubuhkan tiang listrik.

Menurut Jumirah salah seorang warga yang rumahnya rusak hingga bagian dinding rumahnya roboh mengatakan, kami memang semua memang sudah bangun sebelum air yang besar datang, karena memang sebelum air datang hujan turun masih dengan derasnya.

“melihat gelagat hujan yang tak kunjung reda, kami mengemas sejumlah barang-barang di rumah, dan tidak lama air datang secarra tiba-tiba dengan gemuruhnya, di sertai dengan pepohonan yang tumbang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, semula air datang perlahan dan tidak banyak, namun tiba-tiba datang yang kedua dalam jumlah yang banyak, dan saya pilih naik keranjang, sementara anggota keluarga yang lainnya tengah sibuk mengemasi barang-barang, dan terdengar pula kaca rumah yang pecah kena hantaman air.

Akibat banjir bandang ini, rumah warga pun terlihat kotor akibat lumpur bawaan banjir bandang. Sejumlah warga pun nampak membersihkan lumpur-lumpur yang masuk kerumah, hingga sampai ke pelosok dapur, kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu dengan menggunakan mesin sedot air dan mengambil air dari sungai setempat.

Di tempat yang sama, kepala Desa Sungai Bakar M.Raya menuturkan, kejadian banjir bandang ini memang lebih parah dari tahun sebelumnya, dimana sampai menghanyutkan sebuah rumah.

“kalau tahun sebelumnya air hanya masuk kerumah, namun kali ini air arusnya deras dan membawa pepohonan, sehingga hal itulah yang membuat rumah-rumah warga rusak,”katanya.

Dilokasi lain yang masih dalam Kecamatan Bajuin yakni jalan Raya Bajuin menuju kantor Kecamatan Bajuin, jalan utama tersebut mengalami putus sepanjang kurang lebih 3 meter akibat banjir.

Oleh warga setempat pun menggunakan batang pohon kelapa untuk di olah jembatan.

Akibat hujan deras ini juga merendam puluhan hektar sawah warga, padahal belum lama telah di tanamai padi.

Dampak lainnya akibat hujan deras juga membuat tanah longsor, yakni di sebuah pegunungan yang di sebut warga gunung Batayak di Desa Pamalongan.

Akan tetapi kondisi tanah longsor ini masih bisa di lewati kendaraan roda dua, kendati bercampur lumpur.

Sejumlah batang-batang pohon dan bebatuan nampak berserakan di tumpukan tanah longsor.

Warga Desa Pemalongan memang menggunakan jalaur tersebut sebagai jalur penghubung ke desa lainnya.

Tidak berapa lama, alat berat berupa Dozer milik dinas PU Tanah Laut pun turun kelokasi tanah longsor untuk menyingkirkan tanah, bebatuan dan batang pohon yang berada di jalan, dan warga dapat melintasi jalan seperti mana biasa.

Sejumlah intansi terkait seperti dinas PU pun nampak turun kelapangan dan mendata kerusakan, termasuk Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan langsung melihat kondisi kerusakan di sejumlah tempat.

Polres Tala sendiri menyaiapkan posko bencana, karena di prediksi insensitas hujan masih akan turun dalam beberapa hari kedepan.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook