PUBLIK

Kejar Waktu Pansus 46 Setujui RPJMD

INFOTANAHLAUT.COM-Kejar tayang sebelum masa jabatan sebagai wakil rakyat atau anggota DPRD Tala habis pada bulan Agustus 2019 mendatang, akhirnya anggota DPRD Tala dapat menuntaskan pekerjaan yang menjadi kewajiban mereka.
Ada Panitia Khusus (Pansus) yang bentuk serta di beri nama “Pansus 46”. Pansus ini berkonsentrasi pada pembahasan, konsultasi, hingga sampai penuntasan keputusan persetujuan terhadap Rancangan Peraturan (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023 dapat di tuntaskan Pansus 46 yang beranggotakan 11 orang. Pansus 46 sendiri memiliki arti bahwa sejak awal menjabat sebagai anggota DPRD Tala hingga akan berakhirnya masa jabatan sudah melahirkan 46 buah Peraturan Daerah.
Selasa malam (19/2/2019) kemarin, melalui rapat paripurna pengesahan atau keputusan Raperda RPJMD 2018-2023 di ruang sidang utama DPRD Tala, sidang paripurna yang di pimpin oleh Ketua DPRD Tala Hariyanto, berakhir dengan penandatanganan atau persetujuan atas Raperda RPJMD 2018-2023 menjadi dokumen daerah dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) sampai menunggu hasil evaluasi gubernur Kalsel selanjutnya pasca di sepakati eksekutif dan legislatif.
Dari 35 orang anggota DPRD Tala, sebanyak 26 orang yang hadir malam itu. Sejumlah kepala SKPD dan forkopimda walau hanya di wakilkan menyaksikan langsung penandatangan naskah persetujuan DPRD Tala atas RPJMD 2018-2023 dengan nomor 170/11/Kep./DPRD/TL/2019.
Sebelum penandatanganan persetujuan RPJMD antara bupati Tala, ketua DPRD Tala Hariyanto dan wakil ketua DPRD Cahirudin Anwar, anggota Pansus 46 Ihsan Ardi menyampaikan hasil kerja Pansus 46.
Menurut Ardi, telah selesainya dalam mengerjakan RPJMD, dimana melalui tahapan pembahasan Raperda sesuai tepat waktu.
“Mempelajari, membahasnya dalam rapat-rapat internal Pansus 46 dan kesimpulan di ambil terlebih dahulu bahkan harus konsultasi ke Kementerian Bappenas di Jakarta dan pihak terkait lainnya seperti Dirjen Bina Keuangan Daerah pada Kementerian Dalam Negeri, hingga akhirnya 7 fraksi di DPRD Tala (fraksi PDIP, fraksi Gerindra Demokrat, fraksi Golkar, fraksi Nasdem, fraksi gabungan PKB, Hanura PKPI, fraksi PPP, dan fraksi Amanat Sejahtera) dapat menerima Reperda RPJMD,”ucap Ihsan.
Ia menambahkan, koreksi sebanyak 4 kali dilakukan tim perumus sampai ke pukul 03.00 wita dini hari, namun tidak mengapa karena itulah bukti komitmen untuk selesaikan RPJMD di saat akan berakhirnya jabatan sebagai anggota dewan bulan Agustus 2019.
Pada RPJMD 2018-2023 sendiri berisi visi dan misi bupati Tala H.Sukamta dan Abdi Rahman selama 5 tahun kedepan, baik itu mencakup tujuan dan sasaran, serta respon kebutuhan masyarakat.
Dalam RPJMD juga memuat 7 program unggulan bupati Tala Sukamta dan wakil bupati Tala Abdi Rahman dengan nama “BERINTERAKSI” (Berkarya, Inovasi, Tertata, Religius, Aktual dan Sinergi).
Ke 7 program unggulan tersebut pertama kredit tanpa agunan dan bunga 0 persen untuk pertanian, nelayan, perikanan, dan UMKM sebesar Rp 100 milyar. Kedua, peningkatan alokasi dana pembangunan desa sebesar 50 persen. Ketiga, kegiatan keagamaan dan sosial di setiap kecamatan di alokasikan minimal Rp 1 milyar. Keempat, pelatihan tenaga kerja “Siap Kerja” minimal 500 orang pertahun. Kelima, pelayanan kesehatan oleh dokter atau paramedis langsung ke rumah secara gratis. Keenam, peningkatan atau pengaspalan minimal 85 persen jalan kabupaten dan ketujuh, menginap bersama masyarakat di 135 desa atau kelurahan selama masa jabatan.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook