PUBLIK

Kemenhub Setujui Pembangunan Pelabuhan

infotanahlaut.com- Dalam kurun waktu pertengahan tahun ini, pembangunan pelabuhan Swarangan di Kecamatan Jorong akan segera terealisasi. Hal ini menyusul adanya lampu hijau dari Kementerian Perhubungan dan sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) yang sudah di setujui pula oleh Kementerian Perhubungan, demikian hal tersebut di sampaikan bupati Tala Bambang Alamsyah belum lama tadi.

Bambang menambahkan, tahapan pertama rencana pembangunan yang akan dilakukan awal bulan Juli 2017 mendatang terhadap pelabuhan laut Swarangan oleh pemerintah pusat.

“Kepastian tahap lanjutan pembangunan pelabuhan laut itu setelah di keluarkan RIP dari Kementerian Perhubungan,” jelasnya.

Seiring dengan sudah di keluarkannya RIP laut Swarangan, maka  pelaksanaan kelanjutan dari pembangunan tersebut pun dapat dilakukan.

Bambang juga mengatakan, bahwa anggaran di kucurkan untuk kelanjutan pembangunan pelabuhan laut Swarangan yang datang dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI sekitar Rp168 miliar rupiah.

Rencana pembangunan pelabuhan laut juga di sokong dukungan dari Pemkab Tanah Laut berupa hibah lahan seluas 6 hektar, dan kedepannya dari pelabuhan laut Swarangan itu untuk mendukung program pemerintah pusat, apalagi Kecamatan Jorong telah di tetapkan sebagai kawasan strategis nasional.

Bambang berharap, dengan lanjutan pembangunan pelabuhan laut Swarangan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian di daerah secara khusus, dan Kalsel pada umumnya. Dalam kegiatan pelabuhan tersebut  banyak kegiatan ekonomi masyarakat yang akan terjadi, utamanya di sekitar pelabuhan tersebut.

“di satu sisi, terwujudnya pelabuhan laut Swarangan dapat menjadikan Kabupaten Tanah Laut sebagai pintu gerbang di Kalsel,” ungkapnya.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook