KODIM 1009 TALA

Keramik Lantai Terpasang, TPA Bongkar Total Dan Dinding Bedah Rumah Bediri

INFOTANAHLAUT.COM-Pengerjaan terus di kebut oleh jajaran TNI dari Kodim 1009 Pelaihari dan Kompi C 623 Pelaihari serta masyarakat setempat dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 di Desa Martadah Baru Kecamatan Tambang Ulang.
Sabtu, (2/3/2019) dari pantauan, musola warga setempat sudah terlihat keramik di bagian dalam selesai di pasang. Musola yang dulunya memiliki teras tidak terlalu lebar, maka di lebarkan dan mengunakan kerangka alumunium untuk penyangga seng, begitu pula pada bagian atap sengnya telah di cat warna biru kalau sebelumnya seng berwaran kusam. Sementara Taman Pendidikan Al’quran Darus Sallam pun yang semula bangunanya dari kayu, kini telah di bongkar total dan di ganti dengan dinding bata ringan atau di bangun permanen, termasuk pula rumah Napsiah yang berada di Rt 9 pun telah mulai berdiri dinding rumah dengan sama dengan TPA, dimana rumah janda tua itu masuk dalam program bedah rumah di TMMD.
Pemandangan lainnya pada pembuatan siring di areal perkebunan kelapa sawit warga. Truk pengangkut batu gunung pun memuntahkan muatannya yang berisi batu gunung di dekat lokasi warga dan TNI yang sedang memasang siring dengan batu gunung. Pada siring tersebut memang di buat cukup tinggi dan akan di pasang gorong-gorong semen sebagai jalannya air.
Bersama Kapten Infanteri Jodi Danramil Jorong, untuk menuju lokasi siring harus menggunakan motor trail, mengingat jalan yang baru di buka menuju siring yang melewati perkebunam kelapa sawit masih dalam kondisi tanah sehingga cukup becek dan licin.
Hujan yang turun cukup deras membuat para pekerja di siring pun terhenti sejenak, pengerjaan kembali dilakukan saat hujan benar-benar reda.
Sementara itu kepada Desa Martadah Baru Slamet Prayitno, SPd mengungkapkan, adanya TMMD warga sangat terbantu sekali, banyak sekali program-programnya baik fisik dan non fisik. Untuk fisiknya pembangunan drainase, pengerasan jalan, siring dan ada sasaran-sasaran tambahan seperti pembangunan TPA, bedah rumah dan rehab musola.
“Sebelum masuknya TMMD memang Desa Martadah Baru diakui banyak kekurangan dalam hal infrastruktur khususnya masalah jalan pemukiman dan jalan pertanian,”kata Slamet Prayitno.
Masuknya TMMD ke Desa Martadaha Baru sambungnya, sekarang masyarakat lebih mudah dalam melakukan akses kegiatan mereka yakni pada saat membawa hasil pertanian dan perkebunannya, disamping pada saat warga mencari rumput untuk keperluan hewan ternak mereka.
Tahapan seluruh pengerjaan fisik sendiri sudah mencapai 30 persen.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook