PUBLIK

Kinerja Dan Program Kerja PDAM Dikupas

INFOTANAHLAUT.COM-Sebagai perusahaan milik daerah,PDAM Tala perlu menyampaikan evaluasi kinerja dan rencana kerja PDAM Tala,Kamis (31/1) di ruang Barakat lantain2 gedung Setda Tala,jajaran manajemen PDAM Tala melaksanakan pertemuan dengan pihak terkait seperti Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP SPAM) Pusat yang di hadiri Drs.H.N.Rifki Basri,DPUPRP Balai Pengelolaan Air Minum (BPAM) Banjarbakula UPT Banjar Bakula Provinsi Kalsel dan kepala SKPD Tala lainnya, kepala SKPD dan bagian perekenomian Setda Tala.
Rapat di pimpin Sekda Tala Drs.H.Dahnial Kifli,yang mengupas tentang optimalisasi pelayanan air bersih.
Sekda berharap,dalam hal penyediaan air bersih bagi masyarakat di Tala,pihak PDAM memperhatikan pada situasi dan kondisi ketersediaan air berikut dengan sarana-sarananya.
Di kesempatan itu,Direktur PDAM Tala Eko Sugiharto memaparkan tentang kondisi PDAM Tala terkini.
Menurut Eko,diakui kondisi PDAM Tala kurang sehat namuj menjamin kualitas air yang di produksi PDAM layak.
Ada 4 wilayah Spam regional di 4 kecamatan pelayanan kepada daerah-daerah yang belum terjangkau PDAM.
“5 tahun terakhir memang PDAM berada pada posisi sakit. Secara perlahan sifatnya operasional di atasi persoalan tersebut,”kata Eko.
Ada 2 sistem,di PTPN 13 dan Bajuin. Kelemahan Bajuin saat kemarau datang air semakin menyusut dan kualitas air juga tidak bagus. Namun kini di bantu sistem dari PTPN 13 yang saat ini terbangun kapasitas 60 liter per detik.
Tahun ini dari APBN di bantu lagi bangun kapasitas 50 liter per detik untuk bisa suplai ke kota Pelaihari dan dengan bangun pipanisasinya.
Di jelaskan Eko pula,pada Kecamatan Jorong dan Bati-Bati adalah sebuah peluang untuk kawasan industri di kedua kecamatan tersebut,tapi juga harus di dukung kebijkan Pemerintah Daerah yan kuat,dan kebijakan secara umum bagi perusahaan jangan menggunakan air tanah,akan tetapi pakai air suplai PDAM.
“Ada alternatif air baku dengan pembuatan embung,pemanfaatan Foyet bekas galian tambang untuk melayani kawasan pelabuhan dan industri,”kata Eko.
PDAM Tala punya target sebanyak 17.500 pelanggan di tahun 2024 untuk menuju PDAM yang sehat.
Terhadap Spam IKK Bajuin yang di bangun tahun 1983,saat ini melayani wilayah Desa iSungai Bakar,Atu-Atu,Gagas Permai,komplek Bajuin Raya,Sarang Halang hingga RSUD H.Boejasin Pelaihari. Sementara pada Spam IKK PTPN 13 melayani Desa Ambungan,A.Yani,Pabahanan,sampai kota Pelaihari,Bakunci,Lok Serapang,dan Matah. Tinggal bagaimana memelihara bendungan karena kuaitas air sudah bagus.
Sementara itu,Basri dari BPAM Pusat mengutarakan,melihat pada kondisi PDAM Tala masuk kategori kurang sehat,dan berada pada nomor 11 dari PDAM se Kalsel.
“Di butuhkan memang sebuah kerja keras dan pengganggaran yang cukup besar untuk pemulihan PDAM,”kata Basri.
Hal senada di utarakan H.Nazarudin Alhaidir dari DPUPRP Provinsi Kalsel kepala Balai Penglolaan Air Minum Banjarbakula DPUPRP Kalsel yang melaporkan,DPUPRP provinsi Kalsel pada prinsipnya membantu PDAM yang kurang sehat,salah satunya PDAM Tala.
“Pada 4 kecamatan yang terdapat Spam IKK di Tala saja anggaran provinsi terserap mencapai Rp 111 milliar,”ucapnya.
Selanjutnya dalam rapat di lanjutkan dialog dengan kepala SKPD.Tunt

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook