SOSIAL

Kinger’s Sambil Halal Bi Halal “Putiki” Sampah Pantai

INFOTANAHLAUT.COM-Komunitas pecinta motor kadang di pandang sebelah mata oleh masyarakat, karena kegiatannya hanya kumpul-kumpul dan konvoi di jalan raya. Namun bagi pecinta motor untuk lelaki yakni RX King, mereka menepis hal demikian.
Buktinya, dari klub motor RX King se Kalsel yang tergabung dalam Yamaha Rx King Indonesia (YRKI), Minggu (16/6/2019) mereka melakukan aksi bersih-bersih objek wisata pantai Batakan di Kecamatan Panyipatan dengan jarak tempuh kurang lebih 40 km dari ibukota Kabupaten Tanah Laut.
Lantaran masih dalam suasana hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, para Kinger’s begitulah sebutan bagi para anggota klub pecinta motor atau rider untuk kaum lelaki, membaur bersama dari berbagai klub yang ada di Kalsel. Bahkan tidak hanya klub Kalsel saja, beberapa Kinger’s datang dari luar Kalimantan seperti Jakarta dan Makasar.
Sementara bagi anggota yang berada jauh di luar Kabupaten Tanah Laut seperti dari kota Kandangan, Barabai, Rantau, Tanah Bumbu dan Kotabaru mereka sehari sebelumnya berkemah di pantai Batakan. Di hari kegiatan itu pula anggota dari kota Palangkaraya dan Sampit juga datang.
Sebelum melakukan aksi bersih-bersih di pesisir pantai Batakan, maka sebagai budaya orang timur pada moment suasana hari raya Idul Fitri saling bersalaman. Seluruh Kinger’s pun melakukan hal itu.
Aksi bersih-bersih sampah pun di gelar segenap Kinger’s, dan menyisir di pesisir pasir pantai Batakan. Tiap satu kantong plastik sampah ukuran besar di pegang 2 orang. Segala macam bentuk sampah yang berserakan di pasir pantai Batakan pun beragam, ada dari bekas minuman kemasan, bekas bungkus makanan ringan, hingga sampai batang-batang kecil mereka Putiki (Pungut).
Sampah-sampah hasil buruan para Kinger’s sendiri di kumpulkan dalam sebuah bak truk yang mereka sediakan sebelumnya.
Ketua YRKI provinsi Kalsel Hidayat Fitri di sela-sela aksi bersih-bersih sampah mengutarakan, ide awal muncul dari 8 klub motor yang tergabung dalam YRKI Kalsel untuk menggelar halal bi halal dan bakti sosial di pantai Batakan.
“ditahun depan kembali menggelar acara serupa, akan tetapi dalam bentuk bakti sosial yang berbeda,”ungkapnya.
Keanggotaan Kinger’s se Kalsel sendiri tidak kurang dari 1.000 lebih anggota yang kesemuanya terdiri dari 14 klub.
Sementara itu, Juminto Kinger’s asal Jakarta mengaku terkesan dengan kondisi pantai Batakan. Ia datang ke pantai Batakan baru kali pertama bersama klub dari Banjarmasin, namun baginya sudah membawa kesan paling bagus dari sekian daerah yang pernah ia kunjungi dalam setiap momen komunitas Rx King.
“Gabung dengan anak-anak motor King lainnya sudah 4 tahun, daerah yang sudah di jajaki seperti Sumatera, Palembang, Lampung, Yogyakarta dan Jawa sendiri. Untuk pantai Batakan, bukan unuk membandingkan selama dalam perjalanan momen-momenya paling bagus,”ungkap Juminto.
Aksi bersih-bersih pesisir pantai Batakan sendiri membawa dampak positif, tidak saja bagi pengunjung lainnya yang merasakan nyaman saat berada di pantai Batakan, tidak ketinggalan bagi Sariati salah seorang pedagang warung di sekitar lokasi pantai Batakan.
“Alhamdulillah kepedulian soal kebersihan pantai itu muncul dari pengunjungnya sendiri seperti komunitas motor Rx King. Pantai yang bersih jadi harus kembali bersih kembali. Dulu memang pantai Batakan di kabarkan banyak sampah, lalu pengunjung jadi kurang, namun kalau terus bersih otomatis pengujung pun akan bertambah dan menjadi senang melihat,”katanya.
Bagi Sariati yang mewakili sekian pedagang di warung merasa sangat terbantu jika kebersihan pantai tetap terjaga, terlebih adanya aksi bakti sosial bersih-bersih sampah di pesisir pantai.
Ia juga berharap, jika perlu dalam kurun waktu 3 bulan atau 6 bulan kedepan, komunitas ini datang lagi dan kembali bersih-bersih pantai sambil mengadakan acara internal mereka.
“Namanya tempat wisata pastilah sangat di harapkan kebersihannya, kesadaran pengunjung sendiri agar tidak sembarangan buang sampah karena sudah di siapkan tempat-tempat sampah,” harap Sariati.
Sebagai salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Tanah Laut, pantai Batakan yang rindang oleh pohon-pohon Pinus yang cukup tinggi tetap menjadi tujuan wisata alam di Kalsel. Pengunjung dari berbagai daerah dapat menikmati pemandangan laut Jawa sejauh mata memandang.
Tidak jauh dari pantai Batakan juga terdapat sebuah makam wali Allah SWT yang di kenal dengan makam Datu Pamulutan yang berada di Pulau Datu. Pulau Datu sendiri dapat terlihat jelas dengan mata dari pesisir pantai Batakan.Tung

15
93%
like
1
6%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook