PARLEMENTER

Komisi I DPRD Banjar Kagumi Perpustakaan

INFOTANAHLAUT.COM- Baru ini kali pertama kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tala mendapat kunjungan dari luar daerah semenjak belum 1 tahun di resmikan bupati Tala Bambang Alamsyah. Selasa (13/6) pekan tadi tamu spesial yang dating kekantor tersebut yakni komisi I DPRD Kabupaten Banjar berikut dengan kepala dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Banjar.

Kedatangan komisi I tersebut sangat mengagumi keberadaan perpustakaan, tidak saja soal gedungnya yang paling mewah di antara bangunan perpustakaan di kabupaten di Kalsel ini, namun juga tentang manajemen di perupustakaan.Terlebih saat sekarang perpustakaan Kabupaten Tanah Laut telah membuka jaringan hingga sampai ke desa-desa.

Tercatat ada sebanyak 53 desa di berbagai kecamatan yang telah ada Perpustakaan Desa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tala Hairul Rijal, Kamis (15/6) kemarin mengatakan, memang kedatangan komisi 1 DPRD Kabupaten Banjar tersebut ingin melihat tentang minat baca pelajar dan masyarakat di Tanah Laut, dan pola yang di terapkan yakni dengan pemanfaatan stake holder dalam mendukung minat baca, kemudian melihat tentang Depo Arsip Daerah, serta pengelolaan perpustakaan.

“seperti perpustakaan desa, maka melalui APBDes perpustakaan di desa dapat di bentuk,” jelasnya.

Untuk menopang kegiatan perpustakaan desa, ada kerjasama dengan pihak Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) dalam pengembangan dan penunjang warga desa lewat perpustakaan, maka ada 3 desa yang di bantu 9 unit komputer, dengan tujuan bagi warga desa yang belum bias computer bias untuk belajar dari bantuan computer tersebut.

Keberadaan koleksi buku-buku di Perpustakaan sendiri ada sebanyak 3.500 judul buku, dan sebanyak 22.000 eksemplar.

Menurut Rijal, munculnya minat baca tersebut memang harus di mulai dari sejak kecil di bentuk, kalau sudah dewasa jelas agak susah,” paparnya.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.