PEMKAB TALA

Koordinasi Kesekda Tala Bakal Jadi Tuan Rumah Kontes

INFOTANAHLAUT.COM-Kembali,Kabupaten Tanah Laut bakal menjadi tuan rumah kegiatan Kontes Sapi Tingkat Kalsel Tahun 2020.
Kepastian Tala menjadi tuan rumah untuk kegiatan itu dengan datangnya Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel Suparmi Rabu,(12/2) diruang kerja Sekretatis Daerah (Sekda) Tala didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala Ir. Suharyo.
Menurut Suparmi,pihaknya masih melakukan koordinasi untuk kontes ternak sapi tingkat Kalsel bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.
“Tala dipilih karena selama ini sebagai central daging,dan juga satu-satunya kabupaten di Kalsel yang mendapat program Sapi Kerbau Komoditi Andalan Negara (SIKOMANDAN) dari Kementetian Peternakan RI,karena akan didrop sebanyak 45.000 ekor sapi dalam program tersebut,”ucap Suparmi.
Ia menambahkan,kepada perusahaan kelapa sawit pun didorong untuk integtasi,diminta tanam pohon dan meminta perusahaan kelapa sawit memelihara sapi. Semua pelaku swasta didorong untuk integrasi guna usaha ternak sapi.
Suparmi menambahkan, pada kontes sapi sekaligus sosialiasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) peternakan dan asuransi ternak,mengharapkan semua yang masuk dalam program Sikomdan diasuransikan. Petani hanya bayar Rp 40 ribu setahun untuk asuransinya.
Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tala Ir.Suharyo mengungkapkan,ada tiga macam jenis sapi yang dilombakan yakni jenis Sapi Bali,PA, dan Crosing besar. Dan yang dinilai pada kesehatannya,perpormance,reproduksi,kulitnya dan semuanya. Sapi juga nantinya juga melewati dicatwalk layaknya seorang model. Siapa saja peserta yang punya spesifikasi sapi dari panitia bisa ikut.
Hadiah uang jutaan rupiah pun disiapkan panitia kepada kepenang kontes sapi,dan direncanakan kontes akan dibuka gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor dan mengundang Kementerian Peternakan minimal Dirjen,kata Suharyo.
Suharyo dalam pertemuan itu menawarkan,ada dua lokasi ditentukan di Tala yakni di Pasar Hewan Sarang Halang atau diperkebunan kelapa sawit PTPN 13.
“Pertimbangan kenapa dilahan perkebunan PTPN 13 karena tempatnya teduh,disamping itu antara PTPN 13 dan sektor peternakan masih ada keterkaitan,”ucapnya.
Hal itu pun disambut Sekda Tala. Sekda berpendapat cenderung lebih cocok kontes sapi diperkebunan PTPN 13. Kondisi parkirnya juga luas selain teduh.
“Ancar-ancar pelaksanaan kontes sendiri dibulan Maret mendatang,namun kini masih dirapatkan pembentukan panitia dari Provinsi dan Kabupaten Tanah Laut,dan lewat kontes sapi ini agar digaungkan,serta bisa juga sebagai media promosi wisata,”kata Sekda.
Pengembangan ternak sapi di Kabupaten Tanah Laut terus dikembangkan.
Salah satunya dengan adanya lahan eks HGU di Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung yang telah diserahkan kenegara seluas 20 hektare. Pada lahan tersebut diwacanakan untuk tempat pembibitan ternak sapi. Selain itu adanya instruksi dari Pemerintah Pusat juga memanfaatkan lahan eks tambang dijadikan lokasi pengelolaan ternak sapi,tutup Suharyo.Tung

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook