DUNIA USAHA

Kopi Pemalongan Ikut Di Banjarbaru Fair 2019

INFOTANAHLAUT.COM-Melalui Banjarbaru Fair 2019 dalam rangka memperingati hari jadi kota Banjarbaru yang ke 20, kesempatan bagi Kopi dari Desa Pemalongan ikut hadir di kegiatan tersebut. Kopi-kopi Desa Pemalongan pada kegiatan tersebut berada di stand Pupuk Kaltim.
Tidak banyak memang, hanya ada skitar 15 sampai 20 bungkus kopi Desa Pemalongan dengan isi sebanyak 2 ons dan dengan harga yang di jual perbungkusnya Rp 25.000.
Kopi-kopi dari Desa Pemalongan tersebut di petik dari kebun yang berada di rumah Paidi Desa Pemalongan Rt 6 Kecamatan Bajuin. Tidak terlalu banyak memang tanaman kopi di belakang rumahnya, akan tetapi kopi milik Paidi soal rasa tidak kalah dengan kopi-kopi lainnya yang sudah bermerek.
Menurut Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian dan Perkebunan M.Noor pada Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Distanbolbun) Tala belum lama tadi mengungkapkan, awalnya menuju Desa Pemalongan survey tanaman padi, lalu melihat ada tanaman kopi. Lantas karena pemasaran kopi belum ada, sehingga tumbuhnya atau tanamannya juga tidak terlalu di kembangkan.
“kopi-kopi dari Paidi selanjutnya juga di coba di tawarkan ke Zona Kopi yang berada di Jalan A.Syarani atau depan kantor Kecamatan Pelaihari sebagai salah satu tempat bagi masyarakat yang ingin minum kopi, dan hasilnya juga Alhamdulillah kopi Desa Pemalongan dapat di terima di Zona Kopi tersebut,”kata M.Noor.
Sementara itu Rijani pemilik Zona Kopi, Minggu (21/4/2019) mengatakan, dari berbagai kopi memang ada menyediakan kopi lokal yakni Kopi Pemalongan. Ada 5 varian kopi yang ada, namun untuk kopi Desa Pemalongan untuk rasa lumayan bagus, karena kopi pemalongan adalah jenis kopi Liberica, baik rasa pahitnya dan rasa asamnya yang tipis.
“sejak bukanya Zona Kopi terus mencari kopi-kopi lokal khas Kabupaten Tanah Laut, dan satu di antaranya yang di dapat adalah kopi Desa Pemalongan, dan setelah di proses melalui syangrai respon para penikmat kopi cukup bagus dengan kopi Desa Pemalongan,”kata Rijani.
Kopi Desa Pemalongan menjadi harapan kedepan menjadi ikon bagi Kabupaten Tanah Laut karena soal rasa ternyata tidak jauh beda dengan kopi-kopi pada umumnya.Tung

1
50%
like
1
50%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook