KODIM 1009 TALA

Koptu Pardi Berlari Kejar Kakek Bantu Dorong Sepeda Butut

INFOTANAHLAUT.COM-Barangkali apa yang kini di kerjakan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 yang di pusatkan di Desa Martadah Baru Kecamatan Tambang Ulang tengah mengerjakan fisik. Tapi terlepas dari target yang menjadi tugas Satgas TMMD, rasa kepedulian tetap menjadi hal yang tidak bisa di hilangkan untuk “Care” (Peduli) dengan sesama.
Di sebuah lorong jalan desa yang menanjak, Rabu (13/3) kemarin terlihat sosok laki-laki tua dengan sepeda tua yang terlihat sudah butut, dan di bagian boncengan belakang terlihat pula seikat kayu-kayu kering yang terikat. Berikut topi Purun yang bertengger di atas kepala yang sudah banyak rambut uban, laki-laki tua itu bukannya menaiki sepeda bututnya, melainkan hanya di tuntun, dan kayu-kayu ukuran kecil yang kering itu bakal di gunakan sebagai kayu bakar memasak di rumahya.
Tanjakan jalan memang tidak terlalu tinggi dan berada persis di TPA Daarus Salaam, namun cukup melelahkan di lewati karena kondisi jalan masih beratu yang menghampar. Dalam suasana pengerjaan rehab TPA, anggota TNI dari Kodim 1009 Pelaihari pun sesaat menghentikan pekerjaan, dan pandangannya fokus pada laki-laki tua yang menuntun sepeda bermuatan kayu bakar.
Laki-laki penuntun sepeda iti bernama Embah Pardi (68), dia adalah warga asal Dusun Martadah Selatan Rt 04 Desa Martadah Baru Kecamatan Tambang Ulang. Dengan kekuatan tenaga di usianya yang senja, ia terlihat berusaha sekuat tenaga mendorong sepedanya dengan membawa seikat kayu, sampai kadang membuatnya tergopoh-gopoh mendorong sepeda. Koptu Padli anggota Satgas TMMD dari Kodim 1009 Pelaihari, sontak berlari meninggalkan pekerjaannya merehab penyelesaian TPA. Koptu Padli lantas tanpa di komando siapa-siapa berlari ke arah kakek itu dan membantunya mendorong sepeda hingga sampai pada posisi jalan yang datar.
Sang kakek pun tersenyum, dan rasa berat mendorong sepeda yang ada muatan kayu bakar ia rasakan menjadi ringan karena ada suport tenaga tambahan untuk mendorong sepeda.
“Alhamdullillah di bantu, dan terima kasih banyak,”ucapnya kepada Koptu Padli.
Atas aksi spontan Koptu Padli, Komandan Kodim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Bagus Budi Adrianto yang juga Dansatgas TMMD ke 104 saat berada di kegiatan TMMD mengatakan, tidak semata bagi Satgas TMMD fokus ke pekerjaan yang menjadi tanggung jawab, namun pada sisi lain seperti kepedulian juga bisa dilakukan kepada masyarakat, contohnya kepada embah Pardi tadi.
“Mereka spontan membantu warga di sana, bukan hanya di kakek saja tapi semua warga,”ucap Dandim.
Embah Pardi pun kini bisa menuntun kembali sepedanya menuju rumah guna mengantar kayu-kayu bakar. Doa sang kakek semoga apa yang tengah menjadi tugas dan tanggung jawab Satgas TMMD bisa berjalan lancar dan mendapat ridho dari Allah SWT.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook