POLITIK

KPU Ajak Warga Segera Miliki E KTP

INFOTANAHLAUT.COM- Dalam hitungan 2 bulan lagi, di seluruh pelosok warga di Kabupaten Tanah Laut bakal menentukan pilihan pimpinan daerah selama kurun waktu 5 tahun kedepan lewat ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), tepatnya tanggal 27 Juni 2018, dimana ada dua pasangan calon (Paslon) yakni nomor urut 1 paslon H.Sukamta dan Abdi Rahman yang di dukung partai PKS, Gerindra dan PKPI, serta nomor 2 paslon Bambang Alamsyah dan Ahmad Nizar yang di dukung partai PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, PAN, Hanura dan Demokrat.
Sejalan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Laut lewat sebuah kegiatan pagelaran seni budaya Madihin dan Maulid Habsy, Sabtu malam (21/4) tadi di depan Balairung Tuntung Pandang mengajak masyarakat yang hadir untuk sesegera mungkin memiliki E KTP, agar kelak bisa ikut memilih pimpinan di daerah ini.
Pengunjung yang datang pun cukup di mintakan fotokopi E KTP, untuk selanjutnya di undi. Hadiah-hadiah mulai dari sepeda, lemari es, rice cooker pun di siapkan kepada yang beruntung ketika fotokopi berperan sebagai kupon undian.
Pagelaran seni budaya Madihin dan Maulid Habsy di buka Asiten Bidang Pemerintahan Bambang Kusudarisman.
Bambang mengajak warga pula agar warga yang belum punya E KTP segera melakukan perekaman di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
“dijamin dalam pengurusan E KTP tidak ada satu rupiah pun biaya yang harus di keluarkan,”kata Bambang.
Ia menambahkan, warga yang belum punya E KTP hendaknya datang sendiri ke Disdukcapil, sehingga dapat mengetahui prosesnya dan sekali lagi semuanya gratis.
Syahrani dan rekannya asal Kecamtan Takisung selanjutnya membawakan hiburan khas budaya Banjar Kalimantan Selatan ini lewat lantunan syair-syair berbahasa Banjar.
Alunan kalimat kocak Syahrani dan rekannya acap kali mengundang humor. Syair-syair Madihin bermuatan pesan kepada warga yang hadir untuk bisa menggunakan hak pilihnya di saat Pilkada serentak di bulan Juni 2018 mendatang.
Dalam syair Madihin juga membawa nasehat atau pesan kepada warga untuk tetap rukun hidup berumah tangga dan bermasyarakat, segala persoalan yang ada di masyarakat hendaknya di selesaikan dengan cara musyawarah, begitu pula mengenai kehidupan berumah tangga untuk juga melalui musyawarah.
Melengkapi pegelaran tersebut, beberapa grup mauled habsy pun melantunkan syar-syair solawat nabi Besar Muhammad SAW.
Kamaru Zaman ketua KPU Tala usai kegiatan mengatakan, dengan cara mengfotokopi E KTP bukanlah model-modelan tapi yang utama adalah menggugah masyarakat yang belum E KTP agar segera mengurusnya, karena Daftar Pemilih Tetap (DPT) di setiap Pemilu untuk yang akan datang sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017 adalah berbasis E KTP.
“artinya siapa yang tidak memiliki E KTP berarti tidak terdaftar dalam DPT,”kata Kamaru Zaman.
Seluruh hadiah yang di siapkan pun habis terangkut oleh warga malam itu juga yang beruntung karena fotokopi E KTP nya di dapatkan setelah di acak-acak dalam sebuah toples plastik besar.
Pagelaran juga turut di hadiri Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tala, serta seluruh staf dan karyawan KPU dan warga Pelaihari.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook