PUBLIK

KPU Sahkan Sebagai Kandidat Cabup Cawabup

INFOTANAHLAUT.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tala, Senin (12/2) resmi dan sah menetapkan 2 calon bupati dan calon wakil bupati yakni H.Sukamta berpasangan dengan Abdi Rahman yang di dukung 3 parpol dan Bambang Alamsyah berpasangan dengan Ahmad Nizar yang di dukung 7 parpol sebagai pasangan calon (paslon) sebagai peserta Pilkada Tala tahun 2018 sampai 2023.
Melalui rapat pleno terbatas antara KPU dan Panwaslu Kabupaten Tanah Laut telah di tetapkan secara sah ata skedua paslon tersebut.
Dalam rapat terbatas yang hanya di hadiri oleh ketua KPU Tala Kamaru Zaman bersama 4 komisoner, Panwaslu serta awak media ini di jelaskan tentang aturan-aturan main sesuai dengan PKPU nomor 4 tahun 2017.
Gunawan, anggota Panwaslu Kabupaten Tanah Laut mengungkapkan, pengawasan secara melakat kepada kedua paslon, baik dari tahapan pendaftaran, tes kesehatan telah dilakukan. Satu hal terpenting kedua paslon segera mendaftarkan tim kampanyenya, relawan dan petugas kampanye yang selanjutnya bertanggung jawab di lapangan.
“proses Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan-bahan kampanye di lapangan, itu pun sudah masuk dalam pengawasan yang melekat hingga sampai kebawah seperti panwas di tingkat desa dan kecamatan, di harapkan tim kedua paslon mematuhi aturan terkait pemasangan APK yang titiknya telah di tentukan KPU. Termasuk ada gambar salah satu paslon di kantor pemerintahan namun gambar tersebut adalah program pemerintah, hal itu pun akan di lepas Panwaslu mengingat agar ada azas keadilan di antara paslon,” katanya.
Diakui terang Gunawan, Panwaslu Kabupaten agak sedikit bingung juga, dimana saat penertiban baliho salah satu paslon belum lama tadi, saaat di konfirmasi ke tim paslon tidak mengetahui termasuk relawannya, maka dari itu koordinasi dengan tim maupun relawan dengan Panwaslu maupun KPU jangan terputus.
Sementara itu ketua KPU Tala Kamaru Zaman mengatakan, peraturan sudah melekat, tim kedua paslon di minta segera menyampaikan susunan relawan kampanye, dan menyangkut desain APK yang di tentukan KPU pun akan kembali di periksa oleh KPU.
“tim kedua paslon di minta untuk segera melaporkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LSDK),” terang Kamaru Zaman.
Usai rapat pleno, sekitar pukul 13.30 wita paslon Sukamta dan Abdi Rahman turut hadir bersama ketua tim pemenangannya Noor Ifansyah, sementara untuk paslon Bambang Alamsyah dan Ahmad Nizar hanya di hadiri calon wakil bupatinya Ahmad Nizar dan Bambang Alamsyah di wakilkan oleh ketua timnya ustaz Zainal Abidin. Ketidak hadiran calon bupati Bambang Alamsyah lantaran urusan keluarga yang tidak bisa di tinggalkan, namun oleh KPU hal tersebut tidak menjadi masalah.
Turut berhadir pula Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan dan Kabag Ops Kompol Fauzan Arianto.
Usai pertemuan di lakukan penandatanganan berita acara penetapan kedua paslon yang di terima oleh masing-masing ketua tim pemenangan.
Kapolres Tala usai penyerahan berkas penetapan kedua paslon kepada awak media mengatakan, untuk pengawalan pribadi (Walpri) sudah di siapkan sebanyak 12 orang, baik untuk kedua paslon, ketua KPU dan komisioner KPU, serta untuk pandampingan Panwaslu Kabupaten Tanah Laut, di tambah 4 orang dari Brimob Polda Kalsel yang tugasnya sejak di tetapkannya kedua paslon sampai berakhirnya Pilkada.
“paslon 2 orang walpri, Brimob Polda di perintahkan untuk mengawal paslon, sementara untuk pemetaan yang di anggap rawan, Polres dalam hal ini mengacu pada potensi konflik yang sudah di petakan yakni konflik tapal batas antar kabupaten, kemudian konflik desa dengan desa,”kata Kapolres.
Kapolres menambahkan, konflik terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga ada, namun sudah koordinasi dengan KPU, Panwaslu dan Dukcapil. Untuk gangguan lewat media sosial (Cyber), Polres di bantu dari Krimsus Polda Kalsel di tambah Humas, mereka melakukan Cyber Patrol, dan apabila di temukan tindak pidana maka akan di tangani oleh Polres dan Polda Kalsel. Sedangkan untuk konten-konten yang mengajak hoax, sara dan sebagainya, maka dari Humas akan melakukan kontra-kontra opini untuk meredam kepada hal-hal yang menjurus pada provokasi masyarakat Tanah Laut.
Sementara itu calon wakil bupati Tala Ahmad Nizar dalam keterangan persnya merasa bangga karena secara resmi dan sah atau secara legal formalnya telah di tetapkan sebagai paslon peserta dalam pilkada.
“semua prosedur dan mekanisme aturan yang telah di tetapkan KPU jelas akan kami ikuti,” kata Nizar.
Hal senada juga di utarakan calon bupati Tala H.Sukamta. Menurutnya jangan bicara soal perasaan, namun yang jelas tahapan-tahapan yang telah di tentukan KPU, baik pencabutan nomor urut, deklarasi damai, tentu tim pemenangan juga telah menyusun kampanye di tahapan berikutnya, dan kami akan menyesuaikan dengan jadwal yang telah di atur oleh KPU.
Penetapan kedua paslon di kantor KPU tersebut tetap dalam pengawalan aparat Polres Tala. 1 unit mobil AWC dan 1 unit mobil anti teror dan 1 unit pemadam kebakaran di siagakan di kantor KPU Tala. Kawat berduri di sisi kanan dan kiri kantot KPU pun di pasang jauh-jauh hari oleh Polres Tala.
Sesuai jadwal, hari ini Selasa (13/2) di lakukan pencabutan nomor urut kedua paslon di gedung Balairung Tuntung Pandang. Pada Kamis (15/2) dilakukan deklarasi damai yang di lanjutkan dengan karnaval keliling kota Pelaihari. Karnaval bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat terhadap kedua paslon sebagai peserta Pilkada. Dan di teruskan pada Senin (19/2) dilakukan Rapat Koordinasi kampanye antara tim masing-masing paslon bersama KPU.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook